Ikuti kami di

Geledah Rumah Rafael Alun, KPK Temukan Gepokan Duit dan Puluhan Tas Mewah

Geledah Rumah Rafael Alun, KPK Temukan Gepokan Duit dan Puluhan Tas Mewah

BelumAdaJudul.com - Komisi Pemberantasan Korupsi menggeledah rumah milik bekas pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo pada 27 Maret 2023. Dalam upaya paksa tersebut, KPK menemukan sejumlah barang mewah hasil impor dari luar negeri.

"Lokasi (penggeledahan) dimaksud beralamat di perumahan Simprug Golf , Jakarta Selatan," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri pada Jumat 31 Maret 2023.

Dalam penggeledahan itu, Ali mengatakan penyidik menemukan sejumlah barang bukti. Diantaranya, kata dia, adalah gepokan uang serta tas bermerek internasional dari dalam rumah tersebut.

"Saat itu, benar tim penyidik menemukan uang dan puluhan berbagai tas mewah merek luar negeri," kata dia melalui keterangan tertulis.

Ali mengatakan barang bukti yang ditemukan oleh tim penyidik KPK tersebut telah diamankan. Nantinya tim penyidik akan mendalami apakah barang-barang tersebut berkaitan dengan kasus gratifikasi Rafael Alun tersebut.

"Segera dilakukan penyitaan dan analisis atas temuan tersebut sebagai barang bukti perkara sangkaan penerimaan gratifikasi dimaksud," ujar dia.

Sebelumnya, KPK telah mengumumkan penyidikan terhadap kasus Rafael Alun. Rafael Alun diduga telah menerima gratifikasi selama 12 tahun ke belakang.

“Berdasarkan kecukupan alat bukti, KPK telah meningkatkan pada proses penyidikan dugaan korupsi penerimaan sesuatu oleh pemeriksa pajak pada Ditjen Pajak Kemenkeu RI tahun 2011 sampai dengan 2023,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri pada Kamis, 30 Maret 2023 kemarin.

Rafael Alun sempat membantah bahwa dirinya telah menerima gratifikasi seperti yang diumumkan oleh KPK. Meski begitu, Ali mengatakan penetapan tersangka Rafael Alun sudah sesuai dengan koridor hukum.

"Setiap langkah KPK, kami pastikan karena dilandasi aturan perundang-undangan dan kami lakukan semua prosesnya juga seusai mekanisme dan koridor hukum," kata Ali pada Jumat 31 Maret 2023.


Sumber :

Tag :

Post a Comment for "Geledah Rumah Rafael Alun, KPK Temukan Gepokan Duit dan Puluhan Tas Mewah"


www.dewaweb.com

Web Hosting