Ikuti kami di

Rahasia Umum, Refly Harun Sebut Megawati Adalah Oligarki Yang Lebih Berkuasa Dibanding Presiden

Rahasia Umum, Refly Harun Sebut Megawati Adalah Oligarki Yang Lebih Berkuasa Dibanding Presiden

BELUMADAJUDUL.COM - Indonesia, kini diwarnai dengan isu oligarki yang memiliki pengaruh besar terhadap kebijakan dan keputusan pemerintahan.

Refly Harun, seorang pengamat hukum tata negara dan politik, menyatakan bahwa ada kelompok oligarki yang berada di balik presiden dan bahkan lebih berkuasa dibanding presiden atau pejabat lainnya.

"Selain presiden ada oligarki orang-orang berkuasa yang mempresepsikan dirinya lebih berkuasa," ujar Refly melalui kanal Youtube miliknya, dikutip pada Minggu (12/2/2023).

Sebagai contoh, Refly Harus menyebut Megawati Soekarnoputri sebagai salah satu sosok oligarki yang memiliki pengaruh besar dalam politik Indonesia. Ia juga memiliki kekuasaan yang lebih besar dibandingkan Presiden Jokowi. Refly menyoroti perilaku Megawati saat meroasting Presiden Joko Widodo saat acara ulang tahun PDIP.

"Megawati mempresepsikan dirinya lebih berkuasa dibandingkan presiden jokowi yang dianggap nya petugas partai, bagaimana misalnya seorang presiden di roasting ketika acara ultah PDIP," ujar dia.

Hal ini dapat dilihat saat Megawati menunjukkan dirinya sebagai pemimpin partai yang lebih bekuasa dibandung Presiden. Refly mendorong agar relawan Jokowi bukan malah mengkritik Anies Baswedan, tapi membela Jokowi dari roastingan Megawati.

Anies Baswedan engga ngapa-ngapain tapi pusat serangan buzzer kepada anies bukan kepada orang yang secara terang benderang merendahkan Presiden Jokowi dan capres buzzer yaitu ganjar. Sibuk dengan Anies Baswedan tapi lupa dengan roasting Megawati terhadap Jokowi dan juga perlakuan kurang menghargai capres dari buzzer Ganjar Pranowo," lanjut Refly.

Kondisi ini menunjukkan betapa oligarki memegang posisi yang kuat dan memiliki pengaruh besar terhadap kebijakan dan keputusan pemerintahan, bahkan melebihi presiden sendiri. Ini juga menimbulkan pertanyaan tentang seberapa demokratis sistem pemerintahan kita dan apakah kepentingan rakyat benar-benar diutamakan dalam proses pembuatan kebijakan. (*)


Sumber :

Tag :

Post a Comment for "Rahasia Umum, Refly Harun Sebut Megawati Adalah Oligarki Yang Lebih Berkuasa Dibanding Presiden"


www.dewaweb.com

Web Hosting