Ikuti kami di

Atta Halilintar Sampai Kaget: Mamah Dedeh Sudah Haji 33 Kali, Tapi Tidak Pernah Dipanggil Bu Hajjah


Kehadiran Mamah Dedeh ke acara tedak siten putri kedua Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Azura menuai sorotan dari netizen. Sang tuan rumah pun menyambut baik kehadirannya.

Usai bersalaman, Atta Halilintar pun mengajak wanita yang dipanggilnya nenek itu untuk berbincang. Saat itu, Mamah Dedeh mengatakan jika mereka tak sempat bertemu di Mekkah saat menunaikan ibadah haji. 

Wanita bernama lengkap Dra. Hj. Dede Rosidah itu menyebut jika dirinya hampir setiap tahun pergi ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam kelima. Mengejutkan, Mamah Dedeh bahkan sudah 33 kali menunaikan ibadah haji!

"Oh Mamah Dedeh kemarin ke sana juga?," tanya Atta Halilintar yang dikutip di akun TikToknya, Senin (8/7/2024).

"Tiap tahun mama," jawab Mamah Dedeh.

"Masya Allah tiap tahun, 30 kali lebih ya?," kata suami Aurel Hermansyah tersebut.

"33 kali," ucapnya lagi.
@attahalilintar

Mamah curhat dong… sama yang udah 33x hajii... banyak pelajaran dari mamah

♬ original sound - Atta Halilintar
Mamah Dedeh menyebut jika dirinya sudah mulai menunaikan ibadah haji sejak tahun 1970-an. Bahkan bukan cuma dirinya, tapi anak-anaknya juga sudah bolak balik ke Tanah Suci. 

Atta Halilintar pun bertanya, apakah boleh menunaikan haji berkali-kali, apakah nantinya tidak mengurangi jatah tunggu umat Muslim lainnya yang juga memiliki niatan yang sama.

Wanita berusia 74 tahun itu mengatakan jika tak mengapa haji berkali-kali, bahkan semakin banyak semakin baik. Asal, kata Mamah Dedeh, berbagilah pada orang lain. Sebab, ia juga mengumrohkan empat orang secara gratis setiap bulannya. 

"Yang salah itu kalau kita berhaji tapi nggak mau berbagi. Nenek tuh, Ta, tiap bulan aja berangkatin umroh minimal 4 orang," kata dia.

Tentu saja pengajuan Mamah Dedeh ini membuat banyak orang merasa takjub. Terlebih ia sama sekali tidak dipanggil sebagai ibu hajjah meski sudah 33 kali naik haji. 

Hal ini langsung mengingatkan netizen dengan ucapan ibu Gen Halilintar, Geni Faruk yang memberikan gelar haji untuk Thariq Halilintar di usia 2 bulan. 

Mengingat, pendakwah yang terkenal ceplas ceplos satu itu sempat viral ketika mengingatkan seorang jamaah untuk tidak sombong setelah menunaikan ibadah haji. Mamah Dedeh menyampaikan pesan ini dengan penuh kasih sayang dan humor.

"Hei-hei dengerin ya. Jangan sombong udah haji. Siapa yang pengen haji ngacung? Semua umat Islam pengen haji. Tidak ada dalam Islam pulang haji dipanggil Bu Haji, sombong," kata Mamah Dedeh saat itu dalam acara kajiannya.

Mamah Dedeh kemudian tanya balik. "Apakah kita kalau pulang dipanggil ibu sholat? Apakah kita abis zakat dipanggil ibu zakat? Apakah kita abis puasa dipanggil ibu puasa?."

Ia mengatakan, titel haji untuk orang yang telah berhaji tidak ada dalam Al-Qur’an maupun hadis nabi. Bahkan, Rasulullah SAW juga tidak pernah dipanggil Haji Muhammad.

"Itu kesombongan. Biasa aja kali. Balik lagi gak usah haji-haji, sombong," pinta Mamah Dedeh.

Sumber: suara
Foto: Kolase foto Mamah Dedeh dan Atta Halilintar (Instagram/@attahalilintar/@mamahdedeh_officialaccount)

Post a Comment for "Atta Halilintar Sampai Kaget: Mamah Dedeh Sudah Haji 33 Kali, Tapi Tidak Pernah Dipanggil Bu Hajjah"