Ikuti kami di

Sering Disebut Punya Emas 57 Ton, Harta Soekarno Terungkap


Sang Proklamator Indonesia alias Mantan Presiden RI Soekarno sering disebut-sebut memiliki harta yang 'menggunung'. Bahkan dikabarkan Soekarno memiliki emas hingga 57 ton yang tersimpan di Bank Swiss.

Namun, sayangnya kabar emas 'simpanan' Soekarno saat ini masih dipertanyakan oleh banyak pihak. Hal itu membuat kabar perihal emas 57 ton Soekarno semakin santer terdengar.

Tidak heran cerita mengenai kepemilikan emas tersebut heboh. Bila dihitung berdasarkan harga emas hari ini, Minggu (25/2/2024), maka nilai emas Sukarno mencapai Rp 64,9 triliun.

Sebagai gambaran angka itu lebih besar dibandingkan dengan realisasi pendapatan Jawa Barat, provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia.

Cerita yang paling banyak muncul ke publik mengenai emas tersebut adalah sumbernya berasal dari pinjaman Presiden Amerika Serikat John F Kennedy pada 1963.

Adapun belum diketahui secara pasti seberapa besar harta kekayaan dari Presiden pertama RI tersebut. Namun berdasarkan sebuah koran Austria Kronen Zeitung edisi 17 dan 19 Desember 2012 seperti dikutip dari Detikcom, pada tahun yang sama pernah menyebut data kekayaan Soekarno sebesar US$ 180 miliar yang tersimpan di sebuah bunker di Union Bank of Switzerland (UBS).

Adapun, koran Kronen Zeitung termasuk salah satu koran tertua di Austria. Mereka terbit sejak 2 Januari 1900.

Namun berdasarkan sejumlah data sejarah, Sukarno nampaknya tak memiliki harta sebanyak itu. Misalnya, dalam wawancara dengan jurnalis AS Cindy Adams, dia mengaku hidup sulit dan gajinya hanya US$ 220.

Bukan hanya itu, dia mengaku tak punya rumah maupun tanah. Itulah mengapa dia hidup dari istana ke istana lain milik negara.

Sukarno juga pernah menggunakan baju tidur yang robek. Akhirnya karena merasa kasihan, duta besar pernah membelikan Sukarno piyama.

Dia mengaku sering meminjam dari ajudannya. Bahkan hampir dibelikan gedung hasil patungan masyarakat, yang akhirnya dia tolak karena tidak ingin merepotkan.

"Adakah Kepala Negara yang melarat seperti aku dan sering meminjam-minjam dari ajudannya?" kata Sukarno kepada Cindy Adams dalam Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia (1964).

Guntur, putra pertama Sukarno, membenarkan pernyataan tersebut. Dalam kolom opini Media Indonesia yang terbit 26 September 2020, dia menyebut ayahnya tak punya banyak uang dan kerap meminjam pada sahabatnya seperti Agoes Moesin Dasaad.

Bantahan Sukarno punya banyak harta juga dilontarkan oleh sejarawan, Ong Hok Ham. Salah satunya adalah isu presiden mewarisi kekayaan kerajaan Mataram Islam.

Ong mengatakan, tidak mungkin seseorang mewarisi harta dari kerajaan kuno apalagi batangan emas. Harta kerajaan juga tidak sebesar itu, apalagi terjerat hutang dengan VOC.

Kisah Sukarno bergelimang harta juga bisa dipatahkan dengan argumen harusnya dia tidak melarat hingga ajal menjemput, ungkap Ong.

Foto: Presiden pertama Indonesia Soekarno saat bertemu Presiden Prancis Jenderal de Gaulle Di Istana Elysée, di Paris, Prancis, pada 21 Juni 1963. (File Foto - Gamma-Keystone via Getty Images/Keystone-France)

Post a Comment for "Sering Disebut Punya Emas 57 Ton, Harta Soekarno Terungkap"


www.dewaweb.com

Web Hosting