Ikuti kami di

Siap-siap! Tilang Manual Berlaku Lagi, Apa Alasan Polisi?

Siap-siap! Tilang Manual Berlaku Lagi, Apa Alasan Polisi?

BelumAdaJudul.com - Polda Metro Jaya kembali memberlakukan tilang manual setelah sebelumnya memaksimalkan tilang elektronik (E-TLE). Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jhonny Eka mengatakan alasan tilang manual kembali diberlakukan karena banyaknya pelanggaran yang tidak terkover oleh E-TLE.

"(Tilang manual kembali diberlakukan) sudah. Sudah ada petunjuk dari mabes," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jhonny Eka dalam keterangan kepada wartawan, Senin (15/5/2023).

Jhonny menjelaskan, salah satu alasan tilang manual kembali diberlakukan adalah maraknya pelanggaran yang tidak terkover oleh E-TLE.

"Iya. Sekarang kan banyak melanggar atau yang tidak terkover oleh E-TLE atau yang membahayakan pengendara baik dirinya atau orang lain. Kalau tidak ada E-TLE kan bisa dilakukan penindakan manual," tuturnya.

Alasan lain kenapa tilang manual diberlakukan kembali adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas.

"Ini untuk meningkatkan ketertiban masyarakat," katanya.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman Namun memastikan memastikan penilangan tak bersifat stasioner atau terfokus di satu titik.

Latif mengatakan nantinya penilangan akan dilakukan bagi para pengendara yang melanggar. Artinya, mereka yang tertib berlalu lintas tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

"Tilang manual tetap bagi pelanggar yang ugal-ugalan yang melanggar lalu lintas kelihatan anggota ditilang. Kalau mereka tidak melakukan pelanggaran nggak usah takut," ujarnya.

Sumber :

Tag :

Post a Comment for "Siap-siap! Tilang Manual Berlaku Lagi, Apa Alasan Polisi?"