Ikuti kami di

Wapres: Bermedsos Secara Negatif Lebih Bahaya dari Memukul

Wapres: Bermedsos Secara Negatif Lebih Bahaya dari Memukul

BelumAdaJudul.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengingatkan masyarakat agar bijak menggunakan media sosial. Menurut Ma'ruf Amin, menggunakan tangan untuk bermedia sosial secara negatif lebih bahaya dibandingkan dari memukul.

Hal tersebut diungkapkan wapres saat memberikan tausiyah usai menunaikan Sholat Isya dan Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman, Jl. Pandanaran No. 97 Pekunden, Semarang Tengah, Jawa Tengah (Jateng), Senin 3 April 2023 kemarin malam.

Wapres mengutip sebuah hadis yang menyebutkan, "seorang muslim adalah yang kaum muslim lainnya selamat dari lisan dan tangannya". Tangan yang dimaksud di sini, memiliki pengertian yang berbeda antara dulu dan sekarang.

"Tapi sekarang ini tangan itu ada yang lebih dari memukul dan menampar, bermedsos itu ternyata itu tangannya,” ujar Wapres dikutip dalam dalam tausiahnya, Selasa (4/4/2023).

Wapres pun mengingatkan, menggunakan tangan untuk bermedia sosial secara negatif lebih berbahaya dari menggunakan tangan untuk memukul.

“Bermedsos ini kemudian dampaknya kalau dia mengeluarkan hal-hal yang buruk. Kalau dengan lisan itu hanya berapa meter saja, hanya berapa meter dampaknya, tapi kalau tangan ini melalui medsos itu bukan nasional (saja), bisa saja dibaca oleh orang-orang di luar negeri,” kata Wapres.

“Jadi hadis ini kalau sekarang disesuaikan itu, min yadihi walisanihi, yaitu orang yang orang lain selamat dari lidah dan tangannya. Nah jadi tangan lebih berbahaya dari lidahnya ternyata," ujarnya.

Wapres berharap, umat muslim memanfaatkan momentum Ramadhan ini untuk terus memperbaiki diri dengan tidak menyakiti orang lain.

“Mudah-mudahan Ramadhan (ini) tangan kita tidak jahil lagi, tidak lagi merusak orang lain lagi,” pungkasnya.


Sumber :

Tag :

Post a Comment for "Wapres: Bermedsos Secara Negatif Lebih Bahaya dari Memukul"


www.dewaweb.com

Web Hosting