Ikuti kami di

Nama Ma’ruf Amin dan Gatot Nurmantyo Masuk Daftar 19 Tokoh Potensial Capres versi Survei LSI

Nama Ma’ruf Amin dan Gatot Nurmantyo Masuk Daftar 19 Tokoh Potensial Capres versi Survei LSI

BelumAdaJudul.com - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei yang menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul dari 19 nama bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

"Pada simulasi daftar 19 nama, Ganjar Pranowo 19.8 persen, Prabowo Subianto 19.3 persen dan Anies Baswedan 18,4 persen," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam keterangan pers secara daring di Jakarta, Minggu, 9 April 2023.

Selain unggul dari Prabowo dan Anies, Ganjar juga unggul dari nama bakal calon presiden (capres) lainnya, seperti Ridwan Kamil, Sandiaga Salahudin Uno, Gibran Rakabuming, Mahfud MD, dan Erick Thohir.

Kemudian, juga mengungguli Agus Harimurti Yudhoyono, Puan Maharani, Airlangga Hartarto, Gatot Nurmantyo, Tri Rismaharini, Ma’ruf Amin, Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskandar, Budi Gunawan, Bambang Soesatyo, dan Tito Karnavian.

Namun, kata dia, pada simulasi tiga nama bakal capres, Prabowo Subianto unggul 30,3 persen, disusul Ganjar Pranowo 26,9 persen dan Anies Baswedan 25,3 persen.

Menurut Djayadi, penurunan elektabilitas Ganjar berpengaruh kepada naiknya elektabilitas Prabowo. Dia menyebut ada perpindahan suara dari Ganjar ke Prabowo, meski tidak terlalu signifikan.

LSI melakukan survei pada 31 Maret hingga 4 April 2023. Terdapat sebanyak 1.299 responden yang dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak atau random digit dialing.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. Sementara itu, margin of error diperkirakan lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.


Sumber :

Tag :

Post a Comment for "Nama Ma’ruf Amin dan Gatot Nurmantyo Masuk Daftar 19 Tokoh Potensial Capres versi Survei LSI"


www.dewaweb.com

Web Hosting