Ikuti kami di

Luhut Sengaja Diutus Jokowi Temui Surya Paloh Bahas Posisi NasDem di Kabinet

Luhut Sengaja Diutus Jokowi Temui Surya Paloh Bahas Posisi NasDem di Kabinet

BelumAdaJudul.com - Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat kemarin.

Pertemuan itu, menurut pengamat politik Jamiluddin Ritonga, membahas posisi NasDem dalam koalisi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Luhut tampaknya diutus Presiden Joko Widodo untuk membicarakan posisi NasDem di pemerintahan," kata Jamiluddin kepada wartawan, Rabu (15/3/2023).

Menurutnya, hal tersebut sangat penting sebab Jokowi kemungkinan dalam waktu dekat akan melakukan reshuffle setelah pengunduran diri tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga resmi diterimanya.

Ia mengatakan, ada sejumlah opsi yang dapat terjadi ketika membahas soal nasib NasDem dalam pemerintahan.

Pertama, kalau NasDem tetap ingin di pemerintahan, maka tiga menterinya di kabinet Jokowi akan aman. Opsi ini tentu yang paling diinginkan Jokowi. Kedua, kalau opsi itu yang diinginkan Paloh, ada kemungkinan ia diminta untuk meninggalkan Anies Baswedan. Pilihan ini, kata dia, tentu simalakama bagi Paloh.

"Karena itu, Paloh tampaknya akan memilih tetap di pemerintahan dan kekeuh mengusung Anies. Pilihan itu diambil Paloh untuk menunjukkan konsistensinya mendukung Jokowi hingga 20 Oktober 2024," tuturnya.

Lebih lanjut, ia menilai, kekinian Paloh ingin menunjukkan, kalau pun NasDem berpisah dengan Jokowi, itu bukan karena keputusan dari partainya. Perpisahan itu datang dari Jokowi, sehingga Paloh tidak dicap sebagai sosok penghianat.

"Pilihan ini kemungkinan akan berdampak pada posisi NasDem di pemerintahan. Jokowi tampaknya akan mereshuffle semua atau sebagian menteri dari NasDem pada waktu dekat ini," katanya.

Sebelumnya, Luhut Binsar Pandjaitan kembali menemui Surya Paloh. Keduanya bertemu sembari makan siang di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Selasa (14/3).Pertemuan itu dikemas dalam sebuah foto yang kemudian diunggah oleh pemilik akun Instagram @petergontha. Dalam unggahannya, Wakil Ketua Dewan Pakar Partai NasDem Peter F Gontha menerangkan soal pertemuan kedua tokoh itu.

"Kunjungan bapak Menko Luhut Binsar Panjaitan ke DPP Nasdem," katanya dikutip Suara.com, Selasa.

Peter kemudian menilai kalau kedua tokoh tersebut merupakan nasionalis sejati. Ia lantas menyebut kalau nasionalis harus berjuang bersama-sama menghadapi semua tantangan.

"Memang mereka, apapun yang mau orang bilang, adalah nasionalis sejati. Indonesia merupakan negara yang punya masa depan yang sangat cerah. Bersatu meneruskan pembangunan berkelanjutan! Para nasionalis harus berjuang menghadapi semua tantangan, bersama-sama," tuturnya.

Sementara itu, Hermawi Taslim juga membenarkan pertemuan Luhut dan Surya Paloh. Secara normatif, ia menyebut pertemuan tersebut sebagai bagian dari silaturahmi kebangsaan serta menyatukan tekad untuk memajukan bangsa.

Dikonfirmasi terpisah, Luhut tak menjawab pasti soal pertemuan tersebut. Ketika ditanya membahas apa dalam pertemuan itu, Luhut hanya melepas tawa ke awak media dan lalu pergi begitu saja.

"Hehehe," demikian reaksi Luhut ketika ditemui di Hotel Saint Ragis, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Selasa siang.

Luhut pun tak memberikan sepatah kata pun dan langsung berjalan cepat menuju kendaraan dinas.


Sumber :

Tag :

Post a Comment for "Luhut Sengaja Diutus Jokowi Temui Surya Paloh Bahas Posisi NasDem di Kabinet"


www.dewaweb.com

Web Hosting