Ikuti kami di

Sosok Kombes Pol Surawan yang Tetapkan Pegi Setiawan Jadi Tersangka Kasus Vina Cirebon, Bakal Didepak Kapolri?


Nama Kombes Pol Surawan mencuri perhatian pasca penangkapan Pegi Setiawan dinyatakan tidak sah oleh Pengadilan Negeri Bandung.

Putusan tersebut dibacakan oleh Hakim Tunggal Eman Sulaeman dalam sidang putusan praperadilan Pegi Setiawan di Pengadilan Negeri Bandung, Senin 8 Juli 2024.

Sementara itu, nama Kombes Pol Surawan merupakan salah satu sosok yang mengumumkan bahwa Pegi Setiawan alias Perong merupakan dalang di balik kematian Vina dan Eky.

Kini nasib Surawan pun menuai sorotan karena dituntut banyak pihak untuk mendapatkan sanksi pasca salah tangkap.

Simak selengkapnya karier Surawan yang diduga bakal didepak oleh Kapolri pasca penetapan Pegi tersangka dinyatakan tidak sah.

Profil

Komisaris Besar Polisi atau Kombes Pol Surawan, S.I.K. merupakan salah seorang perwira menengah (Pamen) yang ada di dalam Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Di Polri, Kombes Surawan diberi amanah buat menduduki jabatan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat (Dirreskrimum Polda Jabar).

Surawan diketahui menduduki posisi sebagai Dirreskrimum Polda Jabar sejak Juni 2023, sebelumnya ia bertugas sebagai Dirreskrimum Polda Bali.

Surawan juga diketahui memiliki rekam jejak mentereng dimana berhasil menangani kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang.

Sosok yang satu ini merupakan pria kelahiran Tuban, Jawa Timur, pada tanggal 4 Mei 1974 dan memiliki istri bernama Dian.

Surawan merupakan salah satu lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1995 dan Perguruan Tinggil Ilmu Kepolisian (PTIK) serta Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Lemdiklat Polri.

Sebelum bertugas di Bali, Surawan pernah duduk di jabatan Kapolres Bantul pada tahun 2013 hingga 2015 lalu jadi Wakapolres Metro Jakarta Selatan.

Satu tahun kemudian, Surawan menjabat sebagai Dirreskrimum Polda Riau lalu dimutasi ke Lemdiklat Polri.

Sosoknya juga sempat menjabat sebagai Penyidik Madya Unit V Dit II/Eksus Bareskrim Polri, Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri, dan Penyidik Utama Tk. II Rowassidik Bareskrim Polri.

Itu tadi sosok Kombes Pol Surawan, sosok yang menetapkan Pegi Setiawan jadi tersangka kasus Vina Cirebon. Apakah bakal didepak Kapolri pasca salah tangkap?(*)

Sumber: kilat
Foto: Kombes Pol Surawan/Net

Post a Comment for "Sosok Kombes Pol Surawan yang Tetapkan Pegi Setiawan Jadi Tersangka Kasus Vina Cirebon, Bakal Didepak Kapolri?"