Ikuti kami di

Punya Adab Beda Jelang Pilpres 2024, Iwan Fals Tenyata Lulusan Kampus Ternama Ini


Musisi legendaris Iwan Fals memilih untuk bersikap netral menjelang Pilpres 2024. Ia tak ikut-ikutan mengkampanyekan salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden seperti kebanyakan musisi lain.

Hal ini seperti yang terlihat melalui unggahan di media sosial X milik penyanyi bernama asli Virgiawan Listanto tersebut. Tampak pengumuman mengenai sikap politik Iwan Fals menjelang Pilpres 2024 yang ditulis Tiga Rambu.

"Tiga Rambu sebagai Manajemen Iwan Fals memberitahukan bahwa sampai saat ini Iwan Fals tetap memegang prinsip kenetralan sehubungan dengan pesta demokrasi Pemilu tahun 2024. Iwan Fals tidak terkait dan tidak terikat dengan partai politik maupun pasangan calon (paslon) manapun," pengumuman dari manajemen Iwan Fals, dikutip Sabtu(10/2/2024).

Dalam pengumuman tersebut, juga ditegaskan jika sejumlah konser yang digelar oleh Iwan Fals tidak ada yang ditunggangi untuk kebutuhan politik termasuk kampanye.

"Pertunjukan-pertunjukan Iwan Fals selalu menitikberatkan secara tertulis dalam kontrak kerja sama untuk tidak berkaitan atau tidak digunakan untuk kebutuhan politik, termasuk untuk kepentingan kampanye. Demikian semoga pengumuman ini bisa dipahami dan memberi kejelasan kepada yang membutuhkan," lanjutnya.

Sikap netral yang diambil oleh Iwan Fals ini tentu saja menuai sorotan publik. Beragam respons pro dan kontra dilontarkan oleh warganet kepada pelantun lagu Aku Bukan Pilihan tersebut. Banyak yang mencibir sosok penyanyi legendaris tersebut.

Atas ramainya hal ini, mungkin ada warganet yang penasaran tentang Iwan Fals, termasuk latar pendidikan dari penyanyi yang dulunya sangat vokal mengkritik pemerintahan di zaman Orde Baru tersebut.

Penyanyi kelahiran Jakarta pada 3 September 1961 ini merupakan lulusan dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ), salah satu perguruan tinggi kenamaan yang ada di Jakarta.

Tak diketahui secara mendetail jurusan apa yang diambil oleh Iwan Fals saat berkuliah di sana, termasuk juga kapan pelantun lagu Bento itu masuk dan lulus dari IKJ.

Lebih lanjut, sebelum berada di bangku kuliah, Iwan Fals juga diketahui pernah mengenyam pendidikan di Sekolah Tinggi Publisistik (STP atau yang sekarang bernama IISIP).

Itulah sedikit ringkasan mengenai riwayat pendidikan Iwan Fals. Semoga bermanfaat.
Sumber: suara
Foto: Iwan Fals di gelaran Hammersonic 2023, Minggu (19/3/2023). [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]

Post a Comment for "Punya Adab Beda Jelang Pilpres 2024, Iwan Fals Tenyata Lulusan Kampus Ternama Ini"


www.dewaweb.com

Web Hosting