Ikuti kami di

Pertemuan Surya Paloh-Jokowi Bahas Pemilu, NasDem Akan Tinggalkan AMIN?


Dinamika politik terkini terkait Pemilu 2024, rupanya menjadi salah satu topik pembicaraan dalam pertemuan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresiden, Jakarta, Minggu (18/2/2024).

Hal itu diungkapkan oleh Koordinator Staf Presiden Ari Dwipayana, tapi ia enggan membeberkan lebih jauh sedalam apa pembahasan terkait politik dan pemilu di antara kedua tokoh tersebut.

"Silaturahmi membicarakan agenda agenda kebangsaan, menghadapi berbagai tantangan global, termasuk hal-hal yang terkait dinamika politik dan pemilu," katanya kepada wartawan, Minggu (18/2/2024).

Ari mengatakan, Jokowi selalu menekankan tentang silaturahmi dengan tokoh bangsa. Menurutnya, silaturahmi itu untuk kebaikan bangsa.

"Seperti yang disampaikan Presiden beberapa waktu yang lalu, silaturahmi dengan tokoh bangsa, dengan tokoh politik sangat baik, apalagi untuk kebaikan bangsa dan negara," kata Ari.

Diketahui, Surya Paloh menghadap Presiden Jokowi di Istana, malam ini. Pihak Istana menyebut sebelumnya Surya Paloh memohon untuk menghadap Jokowi. "Sebelumnya, Bapak Surya Paloh menyampaikan permohonan untuk menghadap Bapak Presiden," ujarnya

Sementara pihak NasDem melalui Bendahara Umum (Bendum) Partai NasDem Ahmad Sahroni membenarkan bila Ketum Surya Paloh dipanggil Jokowi sore ini. Sahroni menyebut pertemuan kedua tokoh ini bisa saja untuk silaturahmi. "Benar sekali (ke Istana). Mungkin silaturahmi saja kali," ujar Sahroni.

Meski disebut sebagai silaturahmi biasa, tapi publik bisa saja menangkap sebagai pertanda Partai NasDem akan balik badan dari Timnas AMIN. Sebab sebelumnya, Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno memprediksi ada tiga partai politik yang berpotensi tergoda bergabung kubu Prabowo-Gibran, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai NasDem.

Alasannya sederhana, yakni ketiga partai itu tak cukup mempunyai pengalaman menjadi oposisi. "Saya tidak bisa membayangkan kalau PKB dan Nasdem itu siap beroposisi. Atau PPP," kata dia di Jakarta, Sabtu (17/2/2024).

Timnas AMIN Tak Diberitahu

Di sisi lain, rupanya pertemuan Paloh dengan Jokowi tidak diketahui oleh Timnas AMIN. Sebagaimana diungkap oleh Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal.

Menurutnya, pertemuan Paloh dengan Jokowi tak ada koordinasi dengan Timnas AMIN. Meski demikian, ia tak mempersoalkan karena hal tersebut adalah hak dari Partai NasDem.

"Tidak ada koordinasi terkait pertemuan ketum-ketum partai yang di koalisi AMIN apapun, tidak ada," ujar Cucun di Jakarta, Minggu (18/2/2024).

Ia juga enggan berspekulasi apakah pertemuan kedua tokoh itu akan membahas peluang Partai NasDem merapat ke barisan koalisi Prabowo-Gibran atau tidak. "Kita nggak berani mengira-ngira, itu haknya Partai NasDem. Ya nggak mesti bilang juga kan, itu haknya masing-masing," tutur dia.

Sumber: inilah
Foto: Presiden Jokowi menjamu sarapan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, di teras Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: Dok Sekertariat Kabinet RI)

Post a Comment for "Pertemuan Surya Paloh-Jokowi Bahas Pemilu, NasDem Akan Tinggalkan AMIN?"


www.dewaweb.com

Web Hosting