Ikuti kami di

Hanya Anies Yang Hadir Langsung Deklarasi Kemerdekaan Pers Di Dewan Pers


Dewan Pers bersama insan pers menggelar 'Deklarasi Kemerdekaan Pers'. Acara berlokasi di Hall Dewan Pers, Jakarta Pusat, Sabtu (10/2/2024) malam.

Dewan Pers juga mengundang tiga pasangan capres-cawapres. Namun hanya capres nomor urut 01, Anies Baswedan yang hadir langsung. Sementara capres nomor urut 02 diwakilan dan capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo hadir secara daring.

Dipantau dari kanal YouTube Dewan Pers, Anies Baswedan datang ke lokasi sekitar pukul 19.20 WIB. Terlihat berselang kemudian Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid tiba beberapa menit kemudian.

Anies tampak mengenakan kemeja batik, sementara Arsjad Rasjid memakai jaket bomber warna hijau yang sebelumnya juga dipakai oleh pasangan Ganjar-Mahfud saat debat.

Di sisi lain, pasangan dari Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar juga tak hadir dalam acara ini. Sementara pemandu acara mengatakan, pasangan Ganjar-Mahfud mengikuti acara melalui sambungan Zoom.

Diketahui, Ganjar-Mahfud berada di Jawa Tengah mengikuti acara kampanye akbar terakhir pasangan itu di Solo dan Semarang.

Sementara pasangan Prabowo-Gibran diwakili oleh Ketua TKN, Rosan Roeslani.

Dalam pernyataannya, Dewan Pers meminta ketiga pasangan capres-cawapres menyatakan komitmennya terkait kemerdekaan pers.

Dewan Pers juga meminta agar menolak segala bentuk intimidasi, kekerasan dan kriminalisasi terhadap pers. Kemudian mendukung pers yang profesional agar mampu menghasilkan karya jurnalistik berkualitas.

Konstituen dewan pers yang menandatangani deklarasi ini termasuk Persatuan Wartawan Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen, Serikat Perusahaan Pers, Ikatan Jurnalis TV Indonesia, Serikat Media Siber Indonesia, Asosiasi Media Siber Indonesia, Jadingan Media Siber Indonesia, Pewarta Foto Indonesia, Asosiasi Televisi Swasta Indonesia, Asosiasi TV Lokal Indonesia, dan Persatuan Radio Siaran Swasta Indonesia.

Dengan deklarasi ini, Dewan Pers ingin memastikan komitmen kuat untuk menjaga kemerdekaan pers.

"Ini adalah komitmen bagi demokrasi," kata Ketua Dewan Pers Niniek Rahayu memberikan sambutan.

Sumber: suara
Foto: Hanya Anies yang hadiri langsung deklarasi kemerdekaan pers di Dewan Pers. (bidik layar)

Post a Comment for "Hanya Anies Yang Hadir Langsung Deklarasi Kemerdekaan Pers Di Dewan Pers"


www.dewaweb.com

Web Hosting