Ikuti kami di

Fitri Nganthi Wangi, Anak Wiji Thukul Tagih Janji Jokowi soal Nasib Bapaknya


Putri sulung Wiji Thukul, Fitri Nganthi Wani hingga kini masih menuntut jawaban atas hilangnya sang ayah.

Anak Wiji Thukul itu juga baru-baru ini ikut hadir dalam kampanye akbar pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD bertajuk Hajatan Rakyat di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024).

Seperti sang ayah, Fitri juga merupakan seorang aktivis yang kerap menyuarakan keadilan. Fitri dan sang ibunda, Sipon juga senantiasa menunggu keberadaan Wiji Thukul.

Berikut profil Fitri Nganthi Wani, anak Wiji Thukul.

Profil Fitri Nganthi Wani: Wariskan semangat sang ayah, tagih janji Jokowi

Wiji Thukul dan Sipon dianugerahi dua orang anak, yakni Fitri Nganthi Wani dan Fajar Merah. Adapun Fitri lahir pada 6 Mei 1989 di Surakarta, Jawa Tengah dan melanjutkan perjuangan ayah sebagai seorang aktivis yang bersuara lewat sastra. Sayangnya, Wiji Thukul menghilang dan hingga kini tak tahun rimbanya.

Sipon bersama kedua anaknya, Fitri dan Fajar menanti keberadaan Wiji Thukul dan terus menerus menekan pemerintah untuk bertanggung jawab atas hilangnya sang aktivis.

Fitri bersuara lewat puisi-puisi dan buku yang memuat cerita nasib sang ayah. Putri sulung Wiji Thukul ini merilis buku Selepas Bapakku Hilang dan turut menceritakan bagaimana Wiji Thukul hilang usai vokal mengkritik pemerintah.

Nama Fitri tak hanya dikenal di Tanah Air, sebab ia sempat menjadi pembicara di ASEAN Literary Festival di Jakarta. 

Karya Fitri juga terpilih masuk dalam kurikulum Bahasa Indonesia Regional di Universities Indonesia Language Inituative (RUILI), Australia.

Tagih Janji Jokowi

Kini Fitri menagih janji Jokowi yang sempat berjanji bakal mengungkap keberadaan Wiji Thukul. Fitri sempat tampil di hadapan ribuan massa pendukung Ganjar-Mahfud dalam kampanye akbar beberapa waktu lalu dan turut membacakan karyanya. Ia juga sempat menagih janji Jokowi di hadapan massa tersebut.

"Tentu saja saya berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk saya bisa berbicara di hadapan banyak orang tentang kasus penghilangan paksa yang menimpa bapak Widji Thukul yang sampai sekrang belum juga beres. Bahkan sampai ibu Sipon (istri Thukul) meninggal," ujar Fitri.

"Tapi sampai sekarang kami masih mengingat janji yang pernah diucapkan oleh bapak Presiden Jokowi perihal Widji Thukul harus ketemu, kasus ini harus bisa selesai Widji Thukul harus bisa ditemukan," tegasnya.

Fitri lalu membacakan puisi sang ayah bertajuk Peringatan.

Sumber: suara
Foto: Fitri Nganti Wani, anak penyair Wiji Thukul, dalam peluncuran buku antologi puisi terbarunya, "Kau Berhasil Jadi Peluru", di Jogja Village, 8 Juni 2018. [Suara.com/Somad]

Post a Comment for "Fitri Nganthi Wangi, Anak Wiji Thukul Tagih Janji Jokowi soal Nasib Bapaknya"


www.dewaweb.com

Web Hosting