Ikuti kami di

AMIN Ungguli Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud Dalam Survei LKSP: Pilpres Satu Tahap Wacana


Pasangan calon (Paslon) nomor urut 01 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) mengungguli paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) dan paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo - Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran).

Pasangan AMIN ungguli Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud berdasarkan survei Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan (LKSP).

berdasarkan survei LKSP, paslon AMINdiprediksi mendapatkan 32,41 persen suara, kemudian Prabowo-Gibran 32,02 persen, sementara Ganjar-Mahfud 19,52 persen dan 16,05 persen sisanya masih ragu-ragu.

Hasil survei LKSP ini menunjukan jika Pilpres 2024 kemungkinan besar bakal berlangsung dua putaran.

Peneliti LKSP, Subhan Akbar mengatakan, survei nasional ini bertujuan untuk mengetahui apakah pilpres akan selesai dalam satu tahap atau dua tahap.

Survei tersebut juga untuk menguji kebenaran dari narasi pilpres satu tahap yang disuarakan oleh para pendukung salah satu paslon.

Akankah narasi tersebut sesuai dengan realitas di lapangan atau hanya strategi kampanye untuk mempengaruhi opini publik.

"Hasil survei menunjukkan bahwa tidak ada satu pun paslon yang mendapatkan 50 persen suara. Ini berarti bahwa pilpres satu tahap hanya merupakan wacana atau harapan dari salah satu paslon. Bukan gambaran yang sebenarnya dari masyarakat," ujarnya dikutip dari CianjurUpdate (Jaringan Suara.com).

Subhan mengungkapkan, survei nasional ini dilakukan pada tanggal 1-8 Januari 2024, dengan menggunakan metode multi stage random sampling kepada 2.185 responden. Responden dipilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2024 yang diterbitkan oleh KPU.

Survei ini dilaksanakan dengan cara wawancara langsung dengan responden yang terpilih di daerah-daerah yang sudah ditetapkan berdasarkan empat tahapan penentuan kerangka sampel.

Survei ini juga mengungkap adanya pola dukungan yang berbeda-beda untuk setiap paslon. Pasangan AMIN banyak mendapatkan suara dari wilayah Sumatera Bagian Utara, Jakarta dan Jawa Barat.

Sementara, Prabowo-Gibran banyak didukung oleh wilayah Sumatera Bagian Selatan, Banten dan sebagian kecil di Jawa Timur.

Sedangkan, Ganjar-Mahfud paling banyak didukung oleh wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan beberapa wilayah di luar Jawa.

"Pemilih kita sangat beragam, memiliki preferensi yang berbeda-beda terhadap calon yang akan dipilihnya. Anies Baswedan banyak dipilih oleh masyarakat kota dan berpendidikan karena dianggap pintar, mahir menjelaskan suatu masalah," katanya.

Sumber: suara
Foto: Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam Kampanye Akbar AMIN di JIS, Sabtu (10/2/2024). (Dok: Amin)

Post a Comment for "AMIN Ungguli Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud Dalam Survei LKSP: Pilpres Satu Tahap Wacana"