Ikuti kami di

Negara Arab Bersatu! Segera Golkan Negara Palestina, Akan Lakukan Ini

Negara Arab Bersatu! Segera Golkan Negara Palestina, Akan Lakukan Ini

BelumAdaJudul.com || Negara-negara Arab sedang mengupayakan inisiatif untuk menjamin gencatan senjata dan pembebasan sandera di Gaza sebagai bagian dari rencana yang lebih luas yang dapat menawarkan normalisasi hubungan kepada Israel dan pembentukan negara Palestina yang diakui seluruh dunia.

Dilansir Financial Times, Kamis (18/1/2024), seorang pejabat senior Arab mengatakan mereka berharap untuk mempresentasikan rencana tersebut - yang dapat mencakup hadiah dari Arab Saudi yang meresmikan hubungan dengan Israel - sebagai upaya untuk mengakhiri perang Israel-Hamas dan mencegah konflik yang lebih luas meletus di Timur Tengah.

Para pejabat Arab telah mendiskusikan rencana tersebut dengan pemerintah Amerika Serikat dan Eropa. Hal ini mencakup negara-negara Barat yang setuju untuk secara resmi mengakui negara Palestina, atau mendukung Palestina untuk diberikan keanggotaan penuh di PBB.

"Masalah sebenarnya adalah kita membutuhkan harapan bagi rakyat Palestina, hal ini tidak bisa hanya berupa manfaat ekonomi atau penghapusan simbol-simbol pendudukan," kata pejabat senior tersebut.

Inisiatif ini muncul ketika Israel menghadapi tekanan internasional yang makin besar untuk mengakhiri serangannya di Gaza yang terkepung, seiring dengan peningkatan upaya diplomatik AS untuk mencegah konflik yang lebih luas dan mendorong resolusi jangka panjang terhadap konflik Israel-Palestina yang berkepanjangan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Rabu menggambarkan perang di Gaza sebagai hal yang "menyedihkan", dan menambahkan bahwa yang dibutuhkan adalah negara Palestina "yang memberikan apa yang diinginkan rakyatnya dan bekerja sama dengan Israel agar menjadi efektif".

Ketika Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan ditanya apakah Riyadh akan mengakui Israel sebagai bagian dari perjanjian politik yang lebih luas, dia menjawab "pasti."

"Kami setuju bahwa perdamaian regional mencakup perdamaian bagi Israel, namun hal itu hanya dapat terjadi melalui perdamaian bagi Palestina melalui negara Palestina," katanya pada panel di Forum Ekonomi Dunia di Davos.

Pada Selasa, penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan mengatakan Washington tetap fokus untuk mencapai kesepakatan yang menyebabkan Arab Saudi menormalisasi hubungan dengan Israel sebagai bagian dari rencananya untuk era pascaperang.

"Pendekatan kami masih terfokus pada upaya menuju integrasi dan stabilitas yang lebih besar di kawasan ini," kata Sullivan di Davos.

Namun, ada banyak tantangan untuk mencapai kesepakatan dengan Israel.

Setelah serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan sedikitnya 1.200 orang, para pejabat Israel memperingatkan bahwa perang di Gaza akan berlangsung berbulan-bulan, sementara Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengesampingkan kerja sama dengan Otoritas Palestina yang didukung Barat dan menolak solusi dua negara.

Pada Desember, Netanyahu mengatakan dia "bangga" bahwa dia telah mencegah pembentukan negara Palestina, dan mengatakan "semua orang memahami apa yang akan terjadi jika kita menyerah pada tekanan internasional dan memungkinkan terbentuknya negara seperti itu."

Perdana menteri tersebut memimpin pemerintahan paling sayap kanan dalam sejarah Israel, yang mencakup pemukim Zionis yang secara terbuka menyerukan aneksasi Tepi Barat.

"Mengingat politik Israel saat ini, normalisasi mungkin adalah hal yang dapat membawa Israel keluar dari jurang kehancuran," kata pejabat senior Arab tersebut.

Sumber:
cnbcindonesia➚

Post a Comment for "Negara Arab Bersatu! Segera Golkan Negara Palestina, Akan Lakukan Ini"


www.dewaweb.com

Web Hosting