Ikuti kami di

Ternyata 7 Tokoh Ini Agen Rahasia Terbaik di Indonesia, Nomor 2 Konon Jadi Mata-Mata Kepercayaan Soeharto


Bertugas sebagai agen rahasia adalah profesi yang menantang serta dapat membahayakan jiwa si agen tersebut. Namun tidak sedikit orang Indonesia diketahui menggeluti profesi tersebut.

Adapun orang yang menyamar sebagai agen rahasia tersebut memiliki latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari pejuang, wartawan, bahkan kalangan artis sekalipun.

Lantas, siapa-siapa sajakah agen rahasia terbaik di Indonesia tersebut? Dikutip Lombok Insider dari Youtube Aldo Insomnia, berikut ulasannya.

1. Fauzan Al Rasyid

Dia diketahui sebagai wartawan senior asal Indonesia yang bekerja di Rusia.

Namanya menjadi sorotan di media sosial ketika seorang jurnalis Ukraina bernama Sarah membeberkan daftar list mata-mata yang bekerja untuk Rusia. Bahkan, Fauzan berada di daftar nama urutan kedua dari 34 agen rahasia yang dicurigai.

Fauzan Al Rasyid pernah dituduh menjadi bagian pengamat internasional yang mendukung pemungutan suara yang diselenggarakan Rusia untuk mencaplok wilayah Ukraina. Namun, ia membantah tuduhan tersebut.

2. Jenderal Yoga Sugama

Jenderal Yoga Sugama adalah salah satu orang yang berpengaruh di zaman orde baru, ia merupakan lulusan akademi militer Rikugun Shikan Gakko, Tokyo, Jepang, tahun 1945.

Dia juga merupakan orang kepercayaan Presiden Soeharto dan menghabiskan waktunya sebagai perwira intelijen Soeharto.

Dia disebut-sebut sebagai mata-mata di tubuh angkatan darat untuk membantu memuluskan karir militer Soeharto.

Sosoknya juga disebut sebagai mata-mata saat terjadi Gerakan 30S PKI dengan memberikan informasi kepada Mayjen Soeharto.

Yoga Sugama pernah menjadi Kepala Badan Koordinasi Intelijen Negara dari tahun 1974 hingga 1989.

3. Bambang Hermanto

Dia adalah artis terkenal di Indonesia pada tahun 1950 an hingga 1980an.

Bambang Hermanto telah banyak memerankan film layar lebar. Dia dua kali memenangkan Festival Film Indonesia sebagai pemeran pria terbaik di tahun 1955 hingga 1984. Namun siapa sangka, jika Bambang adalah tentaran Heiho yang juga tentara CPM.

Ia ditugaskan untuk menjadi mata-mata Lekra, yaitu organisasi kesenian yang terafiliasi dengan PKI.

Bambang Hermanto ditugaskan untuk memantau segala kegiatan-kegiatan Lekra pasca pemberontakan PKI.

4. Adam Malik

Berita mengejutkan terjadi di tahun 2008, ketika mantan Wakil Presiden Indonesia Adam Malik dituduh sebagai agen rahasia CIA dalam buku membongkar kegagalan CIA di tahun 2008.

Saat itu, Tim Weneer wartawan dari The New York Times mewancarai seorang perwira CIA bernama C Mcfoy, yang mengatakan ia telah merekrut dan mengontrol Adam Malik untuk sebagai mata-mata atau agen rahasaia CIA.

Adam Malik ditugaskan untuk mengirimkan dokumen bersifat rahasia yang berisi nama-nama dari 67 pemimpin PKI yang akan menjadi target untuk dihabisi.

Pada saat itu, hubungan Indonesia dan Amerika memburuk dikarenakan Soekarno sendiri sangat anti barat dan anti Amerika. Namun, pernyataan itu dibantah oleh keluarga Adam Malik.

5. Sofia Wd

Sofia WD dikenal sebagai artis, sutradara dan produser Indonesia di tahun 1960an hingga tahun 1980an.

Ia telah memerankan hampir 100 film Indonesia. Namun siapa sangka, ia dulunya adalah tentara dan pejuang kemerdekaaan Indonesia.

Ia bergabung dalam kesatuan tentara Field Preparation atau cikal bakal terbentuknya Badan Intelijen Negara (BIN).

Tugasnya adalah melakukan pengamatan mempersiapkan dan menggalang dukungan bagi kepentingan kemerdekaan Indonesia.

6. Ngadimin Citro Wiryono

Pria yang akrab disapa Mbah Min ini merupakan asal Solo yang berjualan mainan anak-anak. Namun siapa sangka, di masa mudanya beliau turut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Pada usia 16 tahun, dia menyelamatkan alat perat tentara AD yang ditinggal dikebun dengan menutupinya dengan daun kering. 

Karena jasanya itu, dia akhirnya ditugaskan sebagai mata-mata Belanda. Dia bertugas untuk mengamati pergerakan Belanda.

Mbah Min selalu selalu melaporkan apa yang dilakukan Belanda setiap harinya, sehingga mempermudah tentara Indonesia untuk membaca gerakan Belanda.

7. LB Moerdani

LB Moerdani adalah salah satu tokok militer di Indonesia yang paling berpengaruh pada zaman orde baru.

Dia dikenal sebagai sosok yang misterius. Dia banyak berkecimpung di dunia intelijen.

LB Moerdani pernah ditugaskan untuk mengumpulkan informasi intelijen dan juga menjadi bagian tim intelijen khusus.

Ia pernah ditugaskan untuk mengumpulkan informasi intelijen di Malaysia dari Bangkok.

Pada saat itu, LB Moerdani menyamar menjadi penjual tiket Garuda Indonesia, di mana saat itu terjadi konfrontasi dengan Malaysia di tahun 1975.

LB Moerdani juga mengirim pasukannya untuk menyusup ke Timor Timur dengan menyamar sebagai relawan.


Sumber: hops
Foto: Ternyata 7 tokoh ini agen rahasia terbaik di Indonesia, nomor 2 jadi mata-mata kepercayaan Soeharto (Youtube Aldo Insomnia)

Post a Comment for "Ternyata 7 Tokoh Ini Agen Rahasia Terbaik di Indonesia, Nomor 2 Konon Jadi Mata-Mata Kepercayaan Soeharto"


www.dewaweb.com

Web Hosting