Ikuti kami di

Isu Pelanggaran HAM Prabowo Muncul Tiap Pilpres, Ketua PBNU: Tidak Boleh Dilupakan!

Isu Pelanggaran HAM Prabowo Muncul Tiap Pilpres, Ketua PBNU: Tidak Boleh Dilupakan!

Isu pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dituding hanya dijadikan komoditas untuk menyerang personal Calon Presiden Prabowo Subianto. Diketahui, isu itu selalu muncul setiap 5 tahun saat pagelaran Pemilihan Presiden (Pilpres).

Mantan aktivis 98 yang juga Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Mohamad Syafi’i Alieha atau Savic Ali, mengatakan, isu pelanggaran HAM yang terjadi pada masa pemerintahan orde baru (orba) tidak boleh dilupakan.

"Sebuah negara sulit berada di track yang benar, kalau dia selalu lupa atas peristiwa masa lalunya. Karena dia nggak akan bisa belajar dari sejarah kita sebagai bangsa dan negara," ungkapnya saat menjadi narasumber bedah buku 'Buku Hitam Prabowo Subianto', di Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (18/12/23).

Kasus pelanggaran HAM yang dilakukan Prabowo tahun 98 akan selalu diperjuangkan agar selalu diingat masyarakat.

"Karena kalau semua orang berhasil dibuat lupa oleh kekuasaan, ya sudah dia bisa mendapatkan apapun yang dia ingini, padahal dia tidak layak seperti Prabowo," terangnya.

Dia sendiri mengkritik upaya setengah hati terhadap penyelesaian atas kasus pelanggaran HAM yang melibatkan Prabowo.

"Mestinya kita sebagai bangsa, kalau ada seseorang bersalah pidana dan itu tidak diadili meskinya kita secara politik sebagai bangsa harus menghukumnya," terangnya.

"Tetapi ironisnya hari ini kita saksikan bahwa politik Indonesia tidak berhasil menghukum Prabowo dan bahkan memberi jalan buat dia untuk membangun partai dan terlibat dalam 3 dan sekarang 4 Pemilu," imbuhnya.

Menurutnya, bahwa isu pelanggaran HAM akan selalu muncul manakala Prabowo maju dalam Pilpres.

Sebab hingga saat ini tak ada kepastian hukum atas kejahatan masa lalu yang dilakukannya.

"Mereka mengatakan bahwa ini isu 5 tahun tiap Pilpres? ya karena dia tiap Pilpres nyalon. Coba kau dia sadar diri, dia nggak nyalon ya kita juga nggak ngeributin," pungkasnya.

Sumber:
okezone➚

Post a Comment for "Isu Pelanggaran HAM Prabowo Muncul Tiap Pilpres, Ketua PBNU: Tidak Boleh Dilupakan!"


www.dewaweb.com

Web Hosting