Ikuti kami di

Aktivis 98 Sebut Ada Pelaku Pelanggaran HAM yang Belum Diadili, Siapa?


Aktivis 98 mengadakan konferensi pers untuk mempertanyakan pelanggaran HAM berat yang terjadi pada masa orde baru.

Konferensi pers yang dilakukan oleh Aktivis 98 dengan tema “Dimana Kuburan Kawan Kami Yang Diculik Dan Dibunuh pada Tahun 98”, di Jazaeerah, Cikini, Jakarta Pusat, pada Kamis (14/12/2023) sore.

“Kami Aktivis 98 korban reprensentatif orde baru menyatakan, Indonesia memasuki episode “Darurat Pelanggaran HAM Berat” karena sejumlah kasus pelanggaran sampai saat ini tidak pernah diadili,” kata Aktivis 98 Firman Tendri.

Firman Tenri menilai Pertanyaan Ganjar Pranowo kepada Prabowo Subianto dalam debat capres perdana 12 Desember 2023 yang diselenggarakan Komis Pemilihan Umum (KPU) lalu, yang mempertanyakan tentang dimana makam para Aktivis 98 yang diculik dan dibunuh pada tahun 98, benar-benar mewakili orang tua dan kawan-kawan.

Lanjut Tendri, saat ini kawan-kawan Aktivis 98 masih tegak lurus dengan cita-cita reformasi 98, yang mengungkap kebenaran sejati atas peristiwa kejahatan terhadap kemanusiaan.

“Karena itu, kami patut berterima kasih kepada Ganjar Pranowo sebab pertanyaan tersebut sangat penting untuk ditindaklanjuti karena sudah menjadi ’Notoirr Feiten Notorious’.” paparnya 

Ia juga mendorong dan meminta pemerintah membentuk pengadilan HAM (ad hoc) kasus penculikan dan penghilangan paksa aktivis 1997/1998, untuk mengungkap, menyeret ke penjara para pelaku atau aktor utama yang sesungguhnya.

Lebih lanjut, pihaknya akan membentuk tim gabungan untuk mencari dan menemukan kuburan dari kawan-kawan Aktivis 98 yang telah diculik dan dibunuh secara kejam.

“Kami mendesak pemerintah untuk membangun museum peringatan kejahatan HAM yang telah terjadi di Indonesia.” ungkap Firman Tenri

“Ini adalah bentuk pengingat komitmen moral dan tanggung jawab bersama agar kejahatan serta pelanggaran atas nama kemanusiaan yang terjadi di masa lalu tidak terjadi lagi di bangsa ini,” ujarnya. 

Sumber: tvonenews
Foto: Aktivis 98 Sumber : IST

Post a Comment for "Aktivis 98 Sebut Ada Pelaku Pelanggaran HAM yang Belum Diadili, Siapa?"


www.dewaweb.com

Web Hosting