Ikuti kami di

Rudal Hizbullah Hancurkan Drone Hermes Israel, 5 Pasukan IDF Tewas di Pertempuran Jalur Gaza


Setelah dua drone canggih Amerika Serikat berhasil dijatuhkan kelompok proxy Iran, kini giliran Israel yang mengalami hal serupa.

Jika Amerika kehilangan Drone MQ Reaper dan Predator di tangan kelompok pejuang Houthi (binaan Iran) di Yaman, Israel harus rela drone canggihnya: Hermes-450 yang rontok oleh sengatan rudal Hizbullah.

Menurut Kantor Berita Nasional Lebanon (NNA), insiden itu terjadi pada 18 November, hanya seminggu setelah serangan terkuat Israel sejak pertempuran dimulai di perbatasan Lebanon-Israel bulan lalu.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Hizbullah mengatakan bahwa para pejuangnya menembakkan rudal permukaan-ke-udara ke arah drone Elbit Hermes 450 Israel yang terbang di atas Lebanon.

Sengatan rudal yang diyakini buatan Iran tersebut berhasil menjatuhkan Hermes.

Serangan ini merupakan lanjutan dari gempuran kelompok muslim Syiah itu ke Israel, setelah sehari sebelumnya, Hizbullah meluncurkan lebih dari selusin serangan terhadap pos-pos Israel di sepanjang perbatasan, termasuk satu serangan dengan dua drone bunuh diri di sebuah pos di kota Metula, Israel utara.

Dibandingkan Hamas, Israel menganggap Hizbullah sebagai ancaman langsung yang paling serius.

Tel Aviv memperkirakan Hizbullah memiliki sekitar 150.000 roket dan rudal yang ditujukan ke Israel.

Merespons hilangnya drone mereka, tentara Israel mengerahkan drone dan menembakkan dua roket ke sebuah pabrik aluminium di daerah Nabatiyeh di Lebanon selatan, menyebabkan pabrik tersebut terbakar dan menimbulkan kerusakan parah.

Ini merupakan serangan pertama di wilayah Nabatiyeh sejak perang tahun 2006 antara Israel dan Hizbullah.

Belum ada komentar langsung dari militer Israel mengenai serangan terhadap pabrik tersebut. Namun menurut sumber Associated Press, tentara Israel saat ini sedang menyerang posisi pasukan Hizbullah dan akan memberikan informasinya nanti.

Hizbullah mendukung Hamas, saingan Israel dalam konflik di Jalur Gaza. Setelah konflik Israel-Hamas pecah, Hizbullah menembakkan roket ke Israel untuk menunjukkan solidaritas, yang menyebabkan bentrokan di sepanjang perbatasan.

Selama perang di Gaza berlanjut, “semua kekuatan perlawanan akan terus memberikan tekanan pada Israel,” tegas pejabat senior Hizbullah Hashem Safieddine.

Menurut statistik dari kantor berita AFP, setidaknya 90 orang tewas dalam pertempuran lintas batas di pihak Lebanon sejak bulan lalu.

Kebanyakan dari mereka adalah pejuang Hizbullah dan setidaknya sepuluh orang adalah warga sipil.

Di arah sebaliknya, enam tentara dan tiga warga sipil tewas di pihak Israel.

Israel umumkan tentara yang tewas

Pasukan Israel (IDF) mengumumkan pada Sabtu malam bahwa lima tentara mereka tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza utara.

Mereka juga merilis nama seorang tentara tambahan yang sebelumnya tewas, ketika mereka mengalihkan serangannya ke timur laut pusat Kota Gaza, ke Zeitun dan Jabalya. lingkungan sekitar.

Para prajurit yang terbunuh adalah Kapten Eden Provisor, 21 dari Alfei Menashe, Staf-Sgt. Shlomo Gurtovnik, 21 dari Modiin, Sersan Staf. Shachar Fridman, 21 tahun dari Yerusalem, dan Mayor Jamal Abbas, 23 tahun dari Mafkiin.

Staf-Sersan. Adi Malik Harb, 19 tahun, bagian dari Brigade Nahal, berasal dari desa Druze di Beit Jann, yang memiliki persentase tentara gugur tertinggi di antara komunitas mana pun di Israel.

Menurut Kan News, 64 tentara dari kota Druze tewas dalam pertempuran.

IDF merilis nama Master-Sgt. David (Dudi) Digmi, 43 dari Rishon Lezion, seorang paramedis di brigade selatan Divisi Gaza, yang terbunuh pada 7 Oktober.

IDF menyatakan pasukan mereka kini beroperasi di pinggiran Zeitun, termasuk Sheikh Ijlin dan Rimal, untuk membersihkan wilayah tersebut dari Hamas.

Menurut IDF, wilayah tersebut merupakan “pusat komando dan kendali brigade Gaza utara [Hamas], dan di sinilah salah satu posisi ancaman paling signifikan berada,” dengan empat batalyon Hamas beroperasi di sana.

Sumber: tribunnews
Foto: Drone Hermes milik militer Israel. Hizbullah mengatakan bahwa para pejuangnya menembakkan rudal permukaan-ke-udara ke arah drone Elbit Hermes 450 Israel yang terbang di atas Lebanon/Ist

Post a Comment for "Rudal Hizbullah Hancurkan Drone Hermes Israel, 5 Pasukan IDF Tewas di Pertempuran Jalur Gaza"


www.dewaweb.com

Web Hosting