Ikuti kami di

Di Antara 7 Presiden Indonesia, Ternyata Tokoh Ini Keturunan Nabi Muhammad SAW ke 34, Sosoknya...


Hingga saat ini, sudah ada 7 sosok tokoh yang menjadi Presiden Indonesia, mereka adalah Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Jokowi.

Namun terungkap, di antara 7 presiden Indonesia ini, ternyata ada satu sosok Presiden Indonesia yang ternyata keturunan Nabi Muhammad SAW, siapa sosok tersebut? Dikutip dari Youtube YtCrash Claims, Berikut ulasan selengkapnya.

Tak banyak yang tahu, jika Indonesia pernah dipimpin oleh keturunan Nabi Muhammad SAW. Beliau adalah Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Ketika berhadapan dengan Presiden Ali Abdulloh Solih dan berbagai tokoh di Yaman, Gus Dur pernah berkata.

"Ana Kaman Yamaan, min Basyaiban (Saya ini juga orang Yaman dari marga Basyaiban)," kata Gus Dur dikutip pada Jumat 10 November 2023.

Perkataan Gus Dur ini bukan sebatas guyonan semata, sebab dari hasil penelusuran, beliau adalah keturunan dari Mbah Sambu atau yang dikenal Sayyid Abdurrohman.

Sebagian besar masyarakat khususnya netizen beranggapan bahwa keturunan Nabi Muhammad SAW, pastilah memeliki perawakan fisik seperti orang Arab.

"Namun ternyata, hal tersebut tidaklah selalu benar. Ada beberapa sosok di Indonesia yang dikenal ahlul bait meskipun tak tampak seperti orang Arab, dan tidak memakai gelar habib di depan namanya," ujar narator video.

Hal yang menyatakan Gus Dur adalah keturunan Nabi Muhammad SAW tertuang dalam runtutan silsisah itu terbaca dalam kitab Talkish, karya Abdullah bin Umar Assathiri.

Dijelaskan dalam kitab tersebut, jika Gus Dur merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW ke-34.

Garis keturunan Gus Dur bersambung ke atas dari ayah kakeknya.

Adapun rincian selengkapnya sebagai berikut: KH Abdurrahman Wahid anak dari KH.Abdul Wahid Hasyim, mantan menteri agama RI.

Sedangkan, KH Abdul Wahid Hasyim anak dari KH. Hasyim Asyari, pendiri NU.

Pendiri NU, KH. Haysim Asyari sendiri anak dari Asyari yang berada di Jombang.

Sementara itu, berturut-turut dari Asyari ke atas hingga ke Nabi Muhamamd SAW.

Garis keturunan Gus Dur diterangkan dalam kita tersebut begini: Asyari anak dari Anu Sar'wan, Anu Sar'wan anak dari Abdul Wahid, anak dari Abdul Halim, Abdul Halim anak dari Abdurrohman yang dikenal dengan sebutan Pangeran Sambud Bagda, Abdurrahman anak dari Abdul Halim, anak dari Abdurrahman yang dikenal dengan julukan Jaka Tingkir.

Abdurrahman anak dari Ainul Yaqin yang terkenal dengan nama Sunan Giri, Ainul Yaqin anak dari Maulana Ishak, Maulana Ishak anak dari Ibrahim Asmura, sedangkan Ibrahim Asmura anak dari Jamaluddin Khusen, anak dari Ahmad Syah Jalal.

Untuk diketahui, Nabi Muhammad mempunyai seorang puteri bernama Sayyidah Fathima Az-Zahra, dari pasangan Fathimah dan Sayyidina Ali bin Abi Thalib, lahirlah Husein bin Ali.

Kemudian, berturut-turut ke bawah dari Husein bin Ali adalah sbb:

Ali Zainal Abidin Muhammad Al-Baqir-Jafar Shadiq-Ali Al-Uraidi-Muhammad An-Naqib-Isa Ar-Rumu-Ahmad Al-Muhajirilallah-Ubaidillah-Alawi-Muhammad-Alawi Muhammad-Ali Choli Qosam-Muhammad Shahibu Mirbat-Alawi-Amir Abdul Malik-Abdullah Khain.

Nah, dari Abdullah Khain ini lahirlah seorang anak yang bernama Ahmad Syah Jalal.

Akhirnya jika dihitung dari Rasulullah hingga ke Gus Dur, silsilah Gus Dur jatuh pada keturunan yang ke-34. 

Sumber: hops
Foto: Ilustrasi 7 Presiden Indonesia/Net

Post a Comment for "Di Antara 7 Presiden Indonesia, Ternyata Tokoh Ini Keturunan Nabi Muhammad SAW ke 34, Sosoknya..."


www.dewaweb.com

Web Hosting