Ikuti kami di

Patung Bunda Maria Ditutup Terpal di Bulan Ramadan, Polisi: Inisiatif dari Pemilik

Patung Bunda Maria Ditutup Terpal di Bulan Ramadan, Polisi: Inisiatif dari Pemilik

BelumAdaJudul.com - Patung Bunda Maria yang ditutup plastik terpal di Rumah Doa Sasana Adhi Rasa ST Yacobus, Dusun Degolan, Kalurahan Bumirejo, Kapanewon Lendah, Kulon Progo, di hari pertama bulan Ramadan atau Rabu (22/3/2023) sempat viral di media sosial.

Dalam video yang dibagikan oleh keluhkesahojol.id, memperlihatkan beberapa orang sedang menutup patung setinggi 6 meter itu dengan terpal plastik warna biru.

Sebelumnya, dinarasikan aparat setempat "Padal Kanit Binmas Ipda Tukiran beserta 5 anggota Polsek Lendah, Kulon Progo, melaksanakan pengamanan pemasangan penutup patung Bunda Maria sebagai tindak lanjut atas kedatangan ormas Islam pada waktu sebelumnya untuk menyampaikan ketidaknyamanan sebagian warga dengan keberadaan patung Bunda Maria tersebut, karena mengganggu umat Islam yang melaksanakan ibadah di Masjid Al-Barokah menjelang Ramadan 2023."

Kapolres Kulon Progo, AKBP Muharomah Fajarini pun mengklarifikasi mengenai video viral Patung Bunda Maria ditutup plastik terpal pada Rabu kemarin.

Menurut Muharomah Fajarini, penutupan patung Bunda Maria itu memang benar terjadi, namun bukan atas desakan ormas, melainkan inisiatif dari pemilik rumah doa.

Dia menambahkan, penutupan dilakukan karena rumah doa itu baru dibangun pada Desember 2022 dan saat ini masih dalam proses penyelesaian dan perizinan.

Polisi turut menghadirkan perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Paroki serta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Kulon Progo.

Sedangkan, pemilik rumah doa berdomisili di Jakarta meminta kepada adik kandungnya (pengelola rumah doa) untuk menutup patung Bunda Maria pakai terpal.

"Inisiatif menutupi patung dengan terpal tersebut adalah murni dari pemilik rumah doa. Dan yang melakukan penutupan adalah dari pihak keluarga yang diwakili adik kandung," tutur Muharomah Fajarini dalam jumpa pers di Mapolres Kulon Progo, Kamis (23/3).


Namun, Muharomah Fajarini tak membantah bahwa narasi yang menyebut adanya desakan penutupan patung oleh ormas berasal dari laporan internal polisi.

Menurutnya, ada kesalahpahaman dalam laporan tersebut sehingga jadi bola panas di masyarakat. Dia pun memohon maaf atas laporan anggotanya.

"Mohon maaf atas anggota kami yang salah dalam penulisan narasi dan kami telah mendapatkan perintah dari Kapolda (DIY) bahwa tidak ada ormas yang mengganggu keamanan dan ketenteraman. Bila ada ormas yang mengganggu keamanan, kenyamanan, ketentraman, khususnya di wilayah Kulon Progo akan kami tindak," tegasnya.


Sumber :

Tag :

Post a Comment for "Patung Bunda Maria Ditutup Terpal di Bulan Ramadan, Polisi: Inisiatif dari Pemilik"


www.dewaweb.com

Web Hosting