Ikuti kami di

Momen G20 Bakal Digunakan Joe Biden Menekan Xi Jinping agar Kendalikan Korea Utara

Momen G20 Bakal Digunakan Joe Biden Menekan Xi Jinping agar Kendalikan Korea Utara

Presiden AS Joe Biden mendarat di Asia, yakni tiba di Phnom Penh, Kamboja, untuk mengikuti pertemuan KTT ASEAN plus, pada hari Sabtu.

Setelah dari Kamboja, Joe Biden berlanjut ke KTT G20 di Bali, Indonesia. Joe Biden bertekat untuk mendesak pemimpin China Xi Jinping untuk mengendalikan Korea Utara (Korut). Itu akan dia sampaikan ketika mereka mengadakan pertemuan tatap muka pertama mereka di KTT G20 minggu depan.

Biden mendarat di Phnom Penh untuk pertemuan dengan para pemimpin Asia Tenggara, KTT ASEAN, menjelang pertemuannya dengan mitranya dari China pada hari Senin di Bali.

Pada momen G20 itu bakal digunakan Joe Biden untuk menekan Presiden China Xi Jinping agar mengendalikan Korea Utara terkait uji coba nuklirnya.

Pertemuan antara kedua negara adidaya itu, Amerika dan China, terjadi setelah serangkaian uji coba rudal yang memecahkan rekor oleh Korea Utara menimbulkan kekhawatiran bahwa negara tertutup itu akan segera melakukan uji coba nuklir ketujuh.

Dalam pertemuan Senin di sela-sela KTT G20, Biden akan memberi tahu Xi Jinping bahwa China - sekutu terbesar Pyongyang Korea Utara) - memiliki "kepentingan dalam memainkan peran konstruktif dalam menahan kecenderungan terburuk Korea Utara," kata Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan kepada wartawan, sebagaimana dilihat di Arabnews..

Joe Biden juga akan memberi tahu Xi bahwa jika pengembangan rudal dan nuklir Korut "terus berlanjut di jalan ini, itu hanya akan berarti semakin meningkatkan kehadiran militer dan keamanan Amerika di kawasan itu."

Sullivan mengatakan Biden tidak akan menuntut China melainkan memberikan Xi "perspektifnya."

Ini adalah bahwa "Korea Utara merupakan ancaman tidak hanya untuk Amerika Serikat, tidak hanya untuk (Korea Selatan) dan Jepang tetapi untuk perdamaian dan stabilitas di seluruh kawasan."

Apakah China ingin meningkatkan tekanan pada Korea Utara “tentu saja terserah mereka,” kata Sullivan.

Namun, dengan Korea Utara dengan cepat meningkatkan kapasitas misilnya, “situasi operasional lebih akut pada saat ini,” kata Sullivan.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menambahkan suaranya untuk menyerukan aksi internasional bersama untuk menghentikan program rudal Pyongyang selama pembicaraan dengan ASEAN, China dan Korea Selatan.

Tokyo dan Seoul semakin khawatir dengan serangan uji coba Korea Utara, yang termasuk rudal balistik antarbenua.

Biden dan Xi, pemimpin dua ekonomi terbesar dunia, telah berbicara melalui telepon beberapa kali sejak Biden menjadi presiden pada Januari 2021.

Tetapi pandemi Covid-19 dan keengganan Xi selanjutnya untuk bepergian ke luar negeri telah mencegah mereka untuk bertemu secara langsung.

Pasangan ini tidak kekurangan topik untuk didiskusikan, dengan Washington dan Beijing berselisih mengenai berbagai masalah mulai dari perdagangan hingga hak asasi manusia di wilayah Xinjiang China dan status pulau Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri.

Sekjen PBB Antonio Guterres telah mendesak kedua belah pihak untuk bekerja sama, memperingatkan Jumat tentang "risiko yang meningkat bahwa ekonomi global akan terbagi menjadi dua bagian, dipimpin oleh dua ekonomi terbesar - Amerika Serikat dan China."


source: POSKOTA➚

Post a Comment for "Momen G20 Bakal Digunakan Joe Biden Menekan Xi Jinping agar Kendalikan Korea Utara"


www.dewaweb.com

Web Hosting