Ikuti kami di

Ketum PSSI Iwan Bule Didesak Mundur, Pemerintah Angkat Tangan

Ketum PSSI Iwan Bule Didesak Mundur, Pemerintah Angkat Tangan

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan bahwa pemerintah tidak dapat mencampuri tekanan masyarakat yang meminta Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan untuk mengundurkan diri karena Tragedi Kanjuruhan.

"PSSI di bawah naungan Asosiasi sepak bola dunia FIFA punya aturan sendiri sehingga pemerintah tidak bisa intervensi dan campur tangan. Kan kami sudah punya pengalaman di sanksi oleh FIFA. Saya tidak mau itu terjadi lagi," kata Zainudin Amali, seperti dilansir Antara, Minggu (10/9/2022).

Menurut Zainudin, Pemerintah memberikan ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya, termasuk meminta kepada Ketua Umum PSSI untuk mundur dari jabatannya saat ini.

"Saya akan sampaikan itu, tetapi semua kembali ke PSSI bagaimana menyikapinya," katanya.

Menteri Pemuda dan Olahraga juga menyampaikan bahwa pemerintah akan bertindak sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 agar percepatan pembangunan sepak bola nasional dapat dilakukan dengan cepat terwujud dan mencapai hasil yang diinginkan oleh bangsa Indonesia.

Terkait kelanjutan kompetisi yang saat ini dihentikan sementara pasca tragedi Kanjuruhan, Menpora menyatakan bahwa Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) sedang berupaya menyelesaikan masalah ini dalam waktu satu bulan.

"Presiden menginstruksikan saya untuk mengevaluasinya secara total,” ujar Zainudin.

Beberapa hari lalu, Menpora mengumpulkan dan mengundang para pemangku kepentingan persepakbolaan nasional yaitu PSSI, klub, berbagai kelompok suporter, kemudian kepolisian, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan dan lembaga terkait lainnya.

Pertemuan tersebut membahas, mendalami dan mengevaluasi sepenuhnya sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

"Pak Presiden memberi waktu satu bulan untuk menyelesaikan pencarian fakta tragedi Kanjuruhan, tapi Ketua TGIPF Mahfud MD telah meminta kami untuk menyelesaikannya sebelum batas waktu yang ditentukan," katanya.

Mengenai pembentukan tim transformasi yang digagas FIFA dan pemerintah Indonesia terkait tragedi Kanjuruhan, Menpora menyatakan masih menunggu instruksi dari Presiden.

"FIFA telah bersurat ke bapak Presiden. Jadi kita dalam posisi menunggu," kata Menpora Zainudin.



source: SUARA➚

Post a Comment for "Ketum PSSI Iwan Bule Didesak Mundur, Pemerintah Angkat Tangan"


www.dewaweb.com

Web Hosting