Ikuti kami di

Perusahaan Ekspedisi Naikkan Ongkos Pengiriman Barang Imbas BBM Naik

Perusahaan Ekspedisi Naikkan Ongkos Pengiriman Barang Imbas BBM Naik

Perusahaan ekspedisi di Kota Makassar, menaikkan ongkos pengiriman barang 15 hingga 20 persen imbas kenaikan harga BBM.

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang atau ekspedisi terdampak dengan harga BBM naik. Pihak perusahaan terpaksa menaikkan ongkos pengiriman barang hingga 20 persen.

Penyesuaian sewa peng‏iriman barang itu dilakukan perusahaan ekspedisi untuk menyiasati agar tidak terjadi pembengkakan perongkosan setelah kenaikan harga BBM. Jika sebelumnya ongkos pengiriman barang Rp20.000 per kg. Maka dengan adanya kebijakan harga BBM naik, maka kenaikan ongkos pengiriman barang bisa mencapai Rp30.000 sampai Rp35.000 per Kg.

Pemilik truk ekspedisi, Sahar mengatakan, kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM ikut mempengarusi sewa jasa pengiriman. “Kalau sekarang ini selama naik BBM, tarifnya naik, 15 sampai 20 persen,” kata Sahar.

Manajer perusahaan ekspedisi di Kota Makassar, Lili Mulyono menjelaskan, jika biaya perongkosan membengkak sampai 3 persen imbas dari harga BBM naik. Sehingga, kata dia, sewa pengiriman barang harus menyesuaikan dengan harga BBM saat ini.

“Pas naik harga BBM, biaya operasional membekak sekitar 20 sampai 30 persen. Untuk siasati itu, tarifnya kita harus kasi naik juga,” kata Lili.

Selain membengkanya perongkosan, omset pengiriman barang juga lesu. Biasanya perusahaan ekspedisi mampu mengirim barang hingga puluhan ton.

Perongkosan perusahaan ekspedisi untuk satu unit truk sebelum BBM naik lebih dari Rp 2 juta per satu kali jalan. Namun,biaya perongkosan juga akan bertambah jika rute perjalanan yang ditempuh sudah lintas provinsi di wilayah Indoensia Timur.

sumber: POJOKSATU➚

Post a Comment for "Perusahaan Ekspedisi Naikkan Ongkos Pengiriman Barang Imbas BBM Naik"


www.dewaweb.com

Web Hosting