Ikuti kami di

Bu Susi Sindir BSSN Bangun Kolam Renang Miliaran, Netizen Heboh: Bisa Lawan Hacker dalam Air

Bu Susi Sindir BSSN Bangun Kolam Renang Miliaran, Netizen Heboh: Bisa Lawan Hacker dalam Air

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyentil Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang menanggapi soal tudingan keamanan siber.

Susi Pudjiastuti melalui akun Twitternya pada Senin (12/9/2022) menyebutkan, pembangunan keamanan siber BSSN dengan rencana anggaran kolam renang di kantor mereka.

Dalam cuitannya, Susi Pudjiastusi pertama mengutip pemberitaan tentang tanggapan BSSN tentang keamanan siber Indonesia yang dituding relatif lemah.

BSSN menyebutkan bahwa pihaknya masih dalam keadaan membangun keamanan siber, namun kondisi keamanan diklaim relatif kuat.

Dalam cuitan kedua, Susi Pudjiastuti membandingkan dengan mengutip pemberitaan lainnya mengenai BSSN yang membangun kolam renang dengan anggaran miliaran rupiah.

BSSN disebut mengaggarkan Rp 1,8 miliar untuk membuat kolam renang di kantor sentul. "Jadi kalau begitu bangun benteng pertahanan dulu sebelum bangun kolam renang," tulis Susi Pudjiastuti.

Cuitan Susi Pudjiastuti sontak mengundang berbagai respons warganet.

"Enggak bu mereka bisa lawan hacker dalam air bu. Kan temannya avatar sama aquaman," komentar warganet.

"Hecker indo jag-jago tapi malah dimusuhi ditangkap ya padahal aset, tujuannaya tidak ada yang lebih jago dari dia," imbuh warganet lain.

"Kalau melihat dari sisi positifnya fenomena hacker ini bu, mereka (si hacker) bisa dijadikan white hat bu, di hire saja untuk membangun benteng pertahanan untuk keamanan siber di Indonesia, jangan malah dimusuhi bu," tambah lainnya.

"Dengan berenang jadi kuat nahan nafas. Soalnya kalo sdh diserang hacker kan bisanya menahan nafas doang," tulis warganet di kolom kometar.

"Mungkin kolamnya salah satu usaha pengamanan," timpal lainnya.

Lemahnya Antisipasi Badan Siber dan BIN

Direktur Political and Public Policy Studies Jerry Massie mengatakan (dugaan) kebocoran data, termasuk dokumen untuk Presiden Joko Widodo -- ke internet belakangan ini mengindikasikan adanya kelemahan antisipasi dari Badan Siber dan Sandi Negara serta Badan Intelijen Negara.

Tapi Jerry Massie mendapatkan kesan masalah itu tidak mendapatkan respons yang serius dari otoritas terkait.

"Anehnya masih dibantah pihak istana, seolah-olah tak ada serangan siber oleh kelompok hacker," kata Jerry dalam pernyataan tertulis kepada Suara.com Selasa (13/9/2022).

Jerry mengatakan munculnya kasus (dugaan) kebocoran data ke internet musti menjadi peringatan bagi pemerintah.

"Lantaran aksi hacker Bjorka akan terus membuka baik rahasia negara bahkan konspirasi," kata Jerry.

"Jadi sistem keamanan kita atau social security and siber security sangat buruk. Pejabat kita tong kosong bunyi nyaring dan lempar batu sembunyi tangan," katanya.

Post a Comment for "Bu Susi Sindir BSSN Bangun Kolam Renang Miliaran, Netizen Heboh: Bisa Lawan Hacker dalam Air"


www.dewaweb.com

Web Hosting