Ikuti kami di

Abdee Slank Komisaris Telkom, Erick Thohir: Masak Musisi Tidak Boleh Naik Kelas?


Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menanggapi adanya pro kontra soal penunjukan Abdi Negara Nurdin alias Abdee Slank menjadi komisaris independen PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. alias Telkom.

"Masak musisi Indonesia tidak boleh naik kelas. Masak kalau saya suatu saat angkat bintang film senior yang sudah pengalaman, kenapa enggak bisa jadi bagian dari ekosistem industri film? Kita harus beri kesempatan," ujar Erick dalam konferensi pers, Rabu, 2 Juni 2021.

Ia memastikan pengangkatan komisaris dan direksi di perusahaan selalu bertujuan untuk mendorong transformasi ke depannya. "Percaya, kita pasti berbuat terbaik, jangan lihat negatif," ujar Erick.

Erick mengatakan pemilihan komisaris itu pun sudah melalui berbagai pertimbangan. Misalnya, selain Abdee Slank, pemegang saham juga menunjuk Bambang Brodjonegoro menjadi Komisaris Utama perseroan. 

Pasalnya, Bambang dinilai memiliki rekam jejak untuk mengelola belanja modal, membuat roadmap, hingga berinovasi, sesuai dengan rekam jejaknya.

Ia tidak ingin Telkom dan Telkomsel ke depannya menjadi sunset industry. Karena itu, ia tidak ingin perusahaan itu terjebak pada bisnis suara dan pesan singkat yang kini sudah gratis.

Erick Thohir juga ingin Telkom dan Telkomsel menjadi perusahaan digital. "Kalau bicara ekonomi digital di situ ada turunan bagaimana pengelolaan servis baru di industri digital, databes, konten, atau yang lain."

Pada pengangkatan Abdee yang berlatar belakang musisi pun, menurut dia, bertujuan agar Telkom dan Telkomsel membangun konten lokal. Mengingat, saat ini Telkom memiliki layanan Indihome yang bisa menampung banyak konten digital.

Erick berharap ke depannya, perusahaan telekomunikasi pelat merah ini bisa mewadahi karya musisi jalanan, maupun mendukung para musisi yang saat ini tidak punya panggung dengan membuat konser digital.

"Kemarin yang selalu challenge saya kenapa ada perwakilan masyarakat dari musisi. Apa salahnya Telkomsel dan Telkom berpihak pada konten lokal?" kata Erick. "Kita jangan bohongi diri, dengan ada Netflix, Disney Plus apakah kita harus anti, enggak. Tapi ayo dong bangun konten lokal yang namanya Telkom, Telkomsel harus jadi agregator konten lokal."

Telkom baru-baru ini merombak susunan direksi dan komisaris perseroan lewat rapat umum pemegang saham tahunan 2020 yang digelar pada pekan lalu. 

Erick Thohir dalam kesempatan tersebut menunjuk Bambang Brodjonegoro sebagai Komisaris Utama perseroan menggantikan Rhenald Kasali.

Tak hanya itu, RUPS emiten berkode saham TLKM itu juga mengangkat Abdi Negara Nurdin atau dikenal dengan Abdee Slank sebagai komisaris independen. Ada juga Bono Daru Adji yang ditunjuk sebagai komisaris independen Telkom.

Selain itu, di jajaran komisaris diangkat Isa Rachmatarwata yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan. 

Ada juga Arya Mahendra Sinulingga yang saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Menteri BUMN yang diangkat sebagai komisaris.

Sementara di jajaran direksi Telkom, pemegang saham sepakat untuk mengangkat Bogi Witjaksono sebagai Direktur Wholesale dan International Service menggantikan Dian Rachmawan.

Post a Comment for " Abdee Slank Komisaris Telkom, Erick Thohir: Masak Musisi Tidak Boleh Naik Kelas?"


www.dewaweb.com

Web Hosting