Ikuti kami di

Buntut Dugaan Pamer Kekayaan oleh Sang Istri, Harta Direktur Penyelidikan KPK Ditelusuri

Buntut Dugaan Pamer Kekayaan oleh Sang Istri, Harta Direktur Penyelidikan KPK Ditelusuri

BelumAdaJudul.com - Imbas dugaan pamer kekayaan oleh sang istri, harta Direktur Penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Brigjen Pol. Endar Priantoro akan ditelusuri. KPK bakal menggelar agenda klarifikasi segera untuk Endar.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengkonfirmasi langkah tersebut, meski tidak memberikan keterangan detail soal kapan tepatnya agenda tersebut digelar.

"KPK melalui Inspektorat akan segera melakukan klarifikasi atas LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) dari yang bersangkutan," kata Ali Fikri di Jakarta, Jumat, 17 Maret 2023.

Dalam klarifikasi, Dewan Pengawas (Dewas) KPK akan dilibatkan. Sebab bukan cuma kesesuaian harta Endar dengan profil yang hendak dicari, melainkan ada tidaknya pelanggaran dari unggahan sang istri di media sosial.

"Sekaligus berkoordinasi dengan Dewan Pengawas KPK untuk menelaah ada tidaknya pelanggaran kode etik dalam aktivitas dan kegiatan sebagaimana tersebut di dalam media sosial dimaksud," ujarnya.

Untuk diketahui, Endar Priantoro adalah perwira tinggi Polri yang saat ini sedang menjalankan tugas di KPK dengan jabatan terkini sebagai Direktur Penyelidikan.

Nama Endar mendadak tuain atensi publik setelah video yang berisi cuplikan dugaan gaya hidup mewah istrinya diunggah pengguna media sosial TikTok, yaitu akun @perusakhedon.

Kronologi Kasus Rafael Alun Trisambodo sebagai Pemicu Kisruh Harta Pejabat

Rafael Alun merupakan mantan Kepala Bagian Umum di Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta II. Dia telah dipecat dari ASN Kementerian Keuangan.

Nama dan harta Rafael jadi sorotan usai anaknya, Mario Dandy Satrio (20), ditetapkan sebagai tersangka kasus penganiayaan terhadap David Ozora (17). Harta Rafael senilai Rp 56 miliar disorot karena dianggap tak sesuai profil selaku ASN eselon III.

Selain itu, mobil Rubicon dan moge Harley-Davidson yang kerap dipamerkan Mario Dandy di media sosial ternyata tak ada di LHKPN Rafael. Akibat harta yang dianggap tak wajar itu, Rafael dipanggil KPK untuk keperluan klarifikasi.

Setelah itu, KPK menyatakan memulai penyelidikan kasus dugaan korupsi Rafael Alun. KPK mengusut dugaan suap dan gratifikasi terhadap Rafael.

Seiring dengan penyelidikan KPK, PPATK melakukan penelusuran hingga pemblokiran sejumlah rekening terkait Rafael dan keluarganya. Mutasi dari rekening terkait Rafael itu disebut berjumlah Rp500 miliar.

Terbaru, PPATK menyatakan ada temuan uang setara Rp37 miliar dalam pecahan mata uang asing diduga milik Rafael Alun disimpan dalam safe deposit box salah satu bank. Uang itu diduga berasal dari suap. ***


Sumber :

Tag :

Post a Comment for "Buntut Dugaan Pamer Kekayaan oleh Sang Istri, Harta Direktur Penyelidikan KPK Ditelusuri"


www.dewaweb.com

Web Hosting