Ikuti kami di

Ternyata Sudah 2 Kali Sekjen Nasdem Ditahan Kasus Korupsi, Pertama Patrice Lalu Johnny G Plate

Ternyata Sudah 2 Kali Sekjen Nasdem Ditahan Kasus Korupsi, Pertama Patrice Lalu Johnny G Plate

BelumAdaJudul.com - Ketua Umum Nasdem Surya Paloh mengakui sudah 2 kali Sekjen Nasdem ditahan kasus korupsi. Pertama Patrice Rio Capella pada tahun 2015 lalu.

Patrice Rio Capella yang saat itu menjabat Sekjen Nasdem pernah terjerat kasus gratifikasi Rp 200 juta. Rio Capella divonis 1,5 tahun penjara pada 2015 dan bebas pada tahun 2016.

Sementara itu, Kejaksaan Agung pada 17 Mei 2023 menetapkan Sekjen Nasdem Johnny G Plate sebagai tersangka korupsi proyek BTS Kemenkominfo.

Johnny yang juga Menkominfo ini diduga menyebabkan kerugian negara mencapai Rp 8 triliun.

“Jadi ada 2 peristiwa, dua-duanya Sekjen, yang satu kasus Rp 200 juta dia masuk tahanan untuk sekian tahun, kasus gratifikasi dan telah menyelesaikan kewajibannya dan sekarang jadi warga negara bebas,” ujar Surya Paloh dalam jumpa pers di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2023).

Paloh kemudian berbicara mengenai kasus yang menjerat Johnny Plate. Dia menunggu pembuktian dalam kasus dugaan korupsi ini.

“Yang kedua Johnny Plate, terserah pendalaman pembuktiannya yang mungkin di dalam nanti, tapi hari ini saya simak baik-baik keterangan daripada Kapuspenkum ada pengakuan yang menyatakan dia meminta agar diberikan Rp 500 juta untuk anak-anak setiap bulan dengan proyek kerugian negara yang Rp8 triliun,” jelasnya.

Surya Paloh mengatakan terlalu mahal bagi Johnny Plate untuk diborgol.

Paloh mengedepankan praduga tidak bersalah dalam kasus ini.

“Kalau tidak ada pendalaman lebih lain untuk menemukan bukti-bukti yang lebih memberatkan ya semakin sedih lagi kita,” katanya.

“Terlalu mahal dia untuk diborgol dalam kapasitas dirinya sebagai menteri, sebagai Sekjen partai. Terlalu mahal, terlalu mahal,” kata Surya Paloh.

“Kita tetap menganut asas praduga tidak bersalah. Tidak ada di antara kita yang memastikan diri kita ini terlepas dari kesalahan, kekhilafan, kebodohan bahkan dosa, “ katanya.

Itulah arti kehadiran kita sebagai manusia biasa,” kata Ketua Umum Nasdem Surya Paloh soal Sekjen Johnny yang ditahan Kejagung ini.

Sumber :

Tag :

Post a Comment for "Ternyata Sudah 2 Kali Sekjen Nasdem Ditahan Kasus Korupsi, Pertama Patrice Lalu Johnny G Plate"


www.dewaweb.com

Web Hosting