Ikuti kami di

Kemenag Ungkap Awal Ramadhan Kamis 23 Maret 2023

Kemenag Ungkap Awal Ramadhan Kamis 23 Maret 2023

BelumAdaJudul.com - Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama (Kemenag), Asadurrahman menyebutkan ada kemungkinan 1 Ramadan 1444 Hijriyah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.

Hal tersebut disampaikan langsung olehnya lantaran berdasarkan Peta Hilal dan Elongasi di Dunia, tepatnya dari segi ketinggian dan lokasi sudah memenuhi kriteria.

“Dari segi ketinggian sudah memenuhi kriteria, kemudian dari segi lokasi, kita lihat mulai 7 sampai dengan 19 nampaknya dari segi ketinggian dan lokasi hampir seluruh wilayah di dunia ini akan memulai Ramadan-nya,” ujar Asadurrahman di Auditorium HM.Rasjidi Kemenag RI, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Maret 2023.

Bahkan dia mengatakan salat Tarawih bisa saja dilaksanakan pada malam ini, Rabu, 22 Maret 2023. Begitu pula dengan ibadah puasa yang sudah bisa dijalani pada Kamis, 23 Maret 2023.

“(Kemungkinan) salat tarawih-nya pada malam hari ini dan akan melaksanakan ibadah puasa mulai fajar besok,” imbuhnya.

Lebih lanjut, melihat dari Rukyat Hilal yang berdasarkan dari kondisi Indonesia saat ini, wilayah Papua sudah mencapai 6,75 derajat.

Sedangkan, pada posisi paling barat Indonesia, yaitu Pulau Sumatera sudah mencapai 8,75 derajat.

“Wilayah Papua 6,75 atau 6 derajat 75 menit. Kemudian di wilayah paling barat, pulau Sumatera itu 8,75 menit,” jelas Asadurrahman.

“Kalau cuaca baik dan bagus, insyaAllah akan banyak laporan yang diterima oleh Kemenag dari berbagai lokasi persamaan rukyat hilal pada sore hari ini (Rabu, 22 Maret 2023),” tambahnya.

Perlu diketahui, Rukyatul Hilal sendiri, yaitu untuk memverifikasi secara faktual terhadap hasil perhitungan dengan metode falak yang sudah dilakukan.

Bagi PBNU, perhitungan dengan metode falak menjadi piranti yang digunakan untuk membantu pelaksanaan rukyatul hilal.

Rukyatul Hilal juga sesuai keputusan Muktamar ke–30 NU tahun 1999 di Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. Penyelenggaraan dan pengawasan kegiatan rukyah hilal tersebut dikoordinasikan oleh LF PBNU.

Sementara hasil observasi dari seluruh titik pengamatan akan dilaporkan kepada PBNU yang selanjutnya akan disampaikan pada forum Sidang Itsbat Kementerian Agama RI.

Hasil-hasil rukyah hilal dalam jejaring LFNU sekaligus menjadi landasan bagi ikhbar PBNU. Sementara terkait pelaksanaan rukyah hilal, LFNU akan melakukan di 50 titik di seluruh Indonesia.

Para perukyat di 50 titik tersebut akan melaporkan hasilnya kepada PBNU untuk kemudian diteruskan kepada Kementerian Agama sebagai landasan keputusan itsbat dalam menentukan awal Ramadhan 1444.


Sumber :

Tag :

Post a Comment for "Kemenag Ungkap Awal Ramadhan Kamis 23 Maret 2023"


www.dewaweb.com

Web Hosting