Ikuti kami di

Usai Debat, Prabowo Melengos Ogah Diberi Salaman sama Anies


BelumAdaJudul.com || KPU menggelar debat ketiga di Istora Senayan, Jakarta. Capres nomor urut 1, Anies Baswedan di sesi pembuka langsung menggebrak dengan menyerang kebijakan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang juga sebagai Menteri Pertahanan.

Anies langsung gaspol memberikan kritik pedas terkait kebijakan Prabowo membeli alutsista bekas dan juga kebijakan food estate yang tidak berhasil diterapkan.

Selain itu, Anies terekam melempar pertanyaan mengenai soal etika pemimpin nasional dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

"Pertanyaannya yang ingin saya sampaikan, apa hubungan antara standar etika seorang pemimpin negara dengan kemampuannya dalam menjaga pertahanan keamanan dan kedaulatan negara?" tanya Anies pada Prabowo dalam debat capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Menjawab hal itu, Prabowo mengaku sepakat dengan pernyataan Anies yang menyebut etika kepemimpinan semakin meningkat seiring dengan tingkatan kepemimpinan. Prabowo juga sepakat etika yang mesti dijaga oleh pemimpin negara.

Meski begitu, Prabowo menegaskan bahwa pemimpin juga mesti berkata jujur serta tidak ada perbedaan antara pernyataan dengan hati. Dia juga menegaskan, seorang pemimpin tidak boleh menyesatkan rakyat melalui statement-nya.

"Jangan karena ambisi pribadi, kita menghasut dan menyesatkan rakyat. Itu etik yang tertinggi Saudara Profesor Anies Baswedan, itu etik yang tertinggi, kebersihan jiwa, kejujuran, kesetiaan pada rakyat," jawab Prabowo. 

Menanggapi jawaban Prabowo, Anies pun mempertanyakan etika yang dimaksud Prabowo. Pasalnya, dia menilai selama Prabowo menjabat sebagai Menteri Pertahanan terjadi praktik orang dalam di berbagai sektor.

"Dalam kenyataannya, Pak, ketika bapak di Kementerian Pertahanan, banyak orang dalam di pengadaan alutsista, PT Teknologi Militer Indonesia, Indonesia Defence Security, lalu orang dalam di Food Estate," papar Anies.

Anies pun kembali mengungkit pelanggaran etika yang terjadi di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait putusan uji materil batas usia capres-cawapres.

PT Teknologi Militer Indonesia, kita buka, iya kan," tandasnyailai mengolok-olok perihal etika beberapa waktu lalu.

"Lalu ada kejadian ketika ada pelanggaran etika dan Bapak tetap dengan cawapres yang melanggar etika, artinya ada kompromi etika," tuturnya.

"Kemudian Bapak mengolok-olok tentang etika, saya tidak tega mengulanginya. Pertanyaannya, apa penjelasan Bapak soal ini?" tambahnya.

Menanggapi hal itu, Prabowo pun menilai tengah di desak oleh Anies lantaran terus mengangkat ihwal etika. Dia pun menilai, Anies tidak pantas berbicara mengenai etika karena dinilai menyesatkan rakyat.

"Saya itu keberatan karena saya menilai, maaf ya, karena anda desak saya. Saya terus terang saja, saya menilai anda tidak pantas bicara soal etik, itu saja. Saya merasa bahwa anda itu posturing, menyesatkan, itu saja," tegas Prabowo.

Prabowo pun mengaku bersedia membuka semua data di Kementerian Pertahanan. Pasalnya, dia menilai data yang diungkap Anies dalam debat keliru.

"Jadi saudara-saudara, semua data yang saudara (Anies) ungkapkan itu keliru semua. Jadi saya bersedia kita duduk, kita buka-bukan. Mau bicara Food Estate, mau bicara apa? PT Teknologi Militer Indonesia, kita buka, iya kan," tandasnya.

Namun, ada kejadian menarik, usai debat berakhir, diketahui, antar capres diberi kesempatan untuk bersalaman.

Ketika Ganjar menyambangi Prabowo, Prabowo mau bersalaman.

Tapi ketika Anies yang coba mendekati Prabowo, justru Prabowo melengos dan meninggalkan podium acara.

Ini seperti terekam dalam sebuah video yang viral di media sosial.
Sumber: 

Post a Comment for "Usai Debat, Prabowo Melengos Ogah Diberi Salaman sama Anies"


www.dewaweb.com

Web Hosting