Ikuti kami di

Ahok Pernah Ngomong Lantang Ingatkan Anies Soal Kawasan Tanah Merah di Dekat Depo Pertamina Plumpang: Akhirnya, Bikin Rugi Diri Sendiri

Ahok Pernah Ngomong Lantang Ingatkan Anies Soal Kawasan Tanah Merah di Dekat Depo Pertamina Plumpang: Akhirnya, Bikin Rugi Diri Sendiri

BelumAdaJudul.com - Tragedi kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, pada Jumat (3/3/2023) malam, menjadi duka mendalam bagi masyarakat Jakarta.

Lantaran, kebakaran tersebut merembet ke pemukiman warga di sekitar yang menyebabkan 19 orang dikabarkan meninggal dunia, 49 orang luka-luka, dan 3 orang lainnya hingga kini masih dinyatakan hilang.

Depo Pertamina Plumpang sendiri berada di Jalan Inspeksi Kali Sunter Nomor Kavling 45-46, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, RT1/RW4, Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Area itu, berjarak sekitar 1,5 kilometer dari permukiman warga di kawasan Tanah Merah.

Ternyata, pada 2016 lalu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pernah menyinggung soal permasalahan sengketa permukiman warga di Tanah Merah tersebut.

Kala itu, Ahok mengingatkan bakal calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar tidak sembarangan membuat janji politik. Apalagi, Anies disebut berencana untuk membebaskan permasalahan warga Tanah Merah. Menurut Ahok, tanah yang ditempati warga tersebut merupakan aset milik PT Pertamina (persero) yang seharusnya tidak boleh ditempati oleh warga.

Ahok juga mengatakan, permasalahan di Tanah Merah bukan perkara mudah untuk diselesaikan. Mengingat, tanah itu milik Pertamina, sehingga tak bisa serta-merta berpindah begitu saja ke tangan warga.

"Biasanya, calon ini kan saya bilang dia enggak kuasai data. Saya bilang Pak Anies, tim suksesnya minta saja data sama kita. Kita kan open data," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (4/10/2016) silam.

Ahok pun mengingatkan, jangan sampai data yang diterima Anies keliru. Sebab menurutnya, hal tersebut bakal membuat janji politik yang sudah dijanjikan sulit untuk dilaksanakan.

"Jangan sampai, karena datanya dibohongi dari timses, atau bukan dibohongi lah, karena datanya tidak benar akhirnya menyampaikan sesuatu, melakukan yang merugikan dan mempermalukan sendiri akhirnya," kata Ahok.

Janji Anies ke Warga Tanah Merah

Di sisi lain, Anies pernah berdialog dengan warga Tanah Merah, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, dalam rangka kampanye Pilgub DKI Jakarta. Dalam dialog tersebut, Anies diberikan kontrak politik dari warga, jika menang Pilgub DKI pada 15 Februari 2017.

Dalam Kontrak politik tersebut berisi sejumlah tuntutan warga, agar Anies memenuhi hak dan memberikan perlindungan bagi warga Tanah Merah. Salah satunya, warga Tanah Merah meminta untuk melegalkan kepemilikan tanah, karena mereka telah menetap lebih dari 20 tahun.

Selanjutnya, Anies diminta untuk pro pada rakyat miskin. Dia juga diminta agar melakukan pekerjaannya dengan berbasis pelayanan, dan melibatkan partisipasi warga untuk Jakarta beradab.

Selain itu, kontrak politik tersebut juga meminta Anies agar tidak melakukan penggusuran kepada permukiman kumuh. Tetapi dilakukan penataan seperti kampung tematik atau kampung deret.

Jika Anies menandatangani kontrak politik itu, warga Tanah Merah menjamin siap memberikan dukungan terhadap pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam Pilgub DKI Jakarta.

Usai membaca kontrak politik tersebut, Anies langsung menandatangani perjanjian tersebut. Di hadapan warga, dia berjanji bakal melaksanakan kontrak politik itu jika berhasil menang Pilgub DKI Jakarta pada 15 Februari 2017.

"Insya Allah, bila tanggal 15 Februari itu terpilih, kami akan laksanakan itu. Insya Allah kita menang 15 Februari," kata Anies kala itu.

Anies juga mengatakan, pemerintah harus hadir di tengah masyarakat untuk memberikan keadilan. Bila rakyat mendapatkan keadilan maka dipastikan warga bakal bahagia.

"Pemerintah hadir untuk memastikan ada keadilan, kebahagiaan bagi seluruh rakyatnya, karena itu saya ingin sampaikan. Kalau ada rasa adil mungkin akan muncul rasa bahagia," jelas Anies.


Sumber :

Tag :

Post a Comment for "Ahok Pernah Ngomong Lantang Ingatkan Anies Soal Kawasan Tanah Merah di Dekat Depo Pertamina Plumpang: Akhirnya, Bikin Rugi Diri Sendiri"


www.dewaweb.com

Web Hosting